Tips Sederhana Ciptakan Dapur Rapi dan Bersih

Dapur chef Rinrin Marinka
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAlife - Dapur umumnya dikenal sebagai tempat yang paling berantakan di dalam rumah. Hal tersebut karena dapur digunakan untuk memasak setidaknya tiga kali dalam sehari.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Saat memasak, tentu saja kondisi dapur seringkali terlihat berantakan dengan banyaknya sampah, minyak yang tumpah atau peralatan masak yang kotor. Namun, tentu Anda sebenarnya dapat menjaga dapur tetap rapi dan teratur sehingga nyaman untuk berlama-lama berada di dalamnya.

Untuk itu, simak beberapa tips menciptakan dapur rapi dan teratur seperti dilansir laman The Times of India berikut ini.

Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

1. Usahakan lebih efisien dalam hal pemanfaatan ruang dapur. Caranya bisa dengan menggunakan drawer inserts atau laci yang berbentuk seperti lacir kasir, namun dapat digunakan untuk menaruh peralatan makan, pisau, hingga bumbu dapur. Anda juga bisa memanfaatkan pullout shelving units atau rak yang bisa ditarik ke luar.

2. Simpan rempah-rempah atau bumbu di dalam wadah yang telah diberi label. Lalu letakkan menghadap ke luar. Kelompokkan pula rempah sesuai jenis atau abjad sehingga mudah terlihat dan dijangkau. Pastikan Anda rajin memeriksanya dengan membuang serta mengganti rempah-rempah yang terlalu lama disimpan. Rempah-rempah yang terlalu lama disimpan biasanya tidak memiliki aroma dan jika digunakan juga tidak menambahkan rasa.

3. Jika dapur Anda tidak memiliki counter space yang cukup, Anda dapat menyediakan rolling cart yang memungkinkan tempat tambahan untuk memudahkan dalam kegiatan memasak.

4. Pindahkan buku masak atau buku resep yang jarang Anda gunakan ke ruangan lain sehingga tidak memenuhi dapur.

5. Selalu taruh piring kotor dekat tempat cuci sehingga lebih mudah dijangkau dan dibersihkan.

6. Pertimbangkan menggunakan countertop atau permukaan meja dapur dengan tinggi berbeda. Jika Anda bertubuh pendek maka Anda mungkin ingin menurunkan tinggi countertop hingga di bawah 36 inci atau 91,4 centimeter. Menurut aturan yang baik, countertop harus memiliki tinggi 3 inci di bawah siku Anda.

7. Sediakan kantung sampah tambahan di bagian bawah tempat sampah sehingga Anda selalu dapat menjangkaunya ketika tempat sampah Anda penuh. Dengan cara ini, Anda terhindar dari kantung plastik yang tidak terpakai dan memakan ruang di lemari dapur.

8. Dapur yang memiliki banyak ruang penyimpanan sekali pun ternyata bisa berantakan. Oleh karena itu, jangan tergoda untuk mengisi setiap rak dan laci terlalu penuh.

9. Pilih laci ketimbang cupboard untuk menyimpan barang-barang besar seperti panci. Ini karena laci mudah digeser ke luar sehingga membuat Anda lebih mudah menemukan dan menjangkau peralatan masak yang dibutuhkan.

Bra

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Bra yang tidak pas dapat berpengaruh pada postur dan organ internal.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2013