Mengenal Jenis Implan Payudara

Bedah implan payudara
Sumber :
  • istockphoto


VIVAlife -
Wanita mana yang tidak ingin memiliki payudara berisi dan seksi? Payudara memang dianggap salah satu 'aset' wanita dan untuk mempercantiknya berbagai cara pun dilakukan. Salah satu cara cepatnya adalah melakukan implan payudara. 

Jika Anda salah satu wanita yang tertarik melakukan implan, dibutuhkan banyak pertimbangan. Hal terpenting adalah keamanan prosedur yang sangat berpengaruh pada kesehatan.

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Implan payudara merupakan operasi kecantikan dengan menaruh bahan di dalam jaringan tisu payudara untuk meningkatkan ukuran payudara. Terdapat tiga jenis bahan implan payudara yang selama ini digunakan.

1. Saline implants
Implan ini menggunakan silicone elastomer shell. Cukup kuat dan berisi larutan garam yang steril.

2. Silicone implants
Implan jenis ini paling umum dilakukan oleh wanita di seluruh dunia. Menggunakan implan yang diisi dengan gel silikon yang kental.

3. Alternative-composition implants
Implan alternatif ini dapat berisi bermacam-macam seperti minyak kedelai, polypropylene string dan sebagainya namun saat ini tidak lagi tersedia.

Risiko implan payudara


Sebuah studi yang dilakukan oleh badan pemeriksa obat dan pangan Amerika Serikat (Food and Drug Administration), seperti dilansir dari Times of India, menyatakan bahwa setengah wanita yang menggunakan implan silikon mungkin mengalami kerusakan implan. Kerusakan tersebut berisiko tinggi bermigrasi ke bagian lain dari tubuh.

Risiko lain yang dapat terjadi yaitu implah pecah, mengalami kebocoran dan komplikasi medis lainya seperti fibromyalgia atau masalah tiroid. Implan saline memiliki risiko masalah-masalah sendiri seperti infeksi bakteri, hematoma (perdarahan), serta kehilangan sensitivitas di bagian payudara. Studi tersebut juga menyatakan bahwa implan menyebabkan sulitnya untuk mendeteksi kanker payudara pada tahap awal.

Komplikasi yang mungkin terjadi


Implan payudara memang tidak mengganggu kegiatan menyusui saat Anda melahirkan, namun mungkin mempengaruhi mamogram. Pada 2004, sejumlah laporan menyatakan bahwa implan payudara dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang. Komplikasi yang dapat terjadi adalah capsular contracture. Seperti cangkang berserat menyakitkan yang terjadi di sekitar implan yang merupakan reaksi tubuh terhadap benda asing. (sj)

Anak kucing

5 Tips Merawat Kucing Peliharaan Agar Tetap Sehat dan Terhindar dari Penyakit

Merawat kucing menjadi tanggung jawab yang besar bagi setiap pemiliknya. Kesehatan dan kesejahteraan hewan peliharaan kita menjadi prioritas utama. Berikut ini tipsnya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024