5 Anak Emma Murphy Autis Akibat Minum Epilim Saat Hamil

Murphy dan lima anaknya
Sumber :
  • Daily Mail.
VIVAlife
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
- Hidup dengan lima anak autis bukanlah perkara mudah bagi seorang ibu. Inilah yang dialami oleh Emma Murphy asal Manchester, rasa menyesal dan sedih terus menyelimuti kehidupannya. Konsumsi obat epilepsi saat hamil, membuat anak-anak yang ia lahirkan mengalami keterbatasan.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Saat umur 12 tahun, Emma didiagnosis menderita epilepsi. Ia rutin mengkonsumsi Epilim (obat anti-epilepsi) untuk sembuh dari penyakit yang diderita. Namun, obat itu justru membuat wanita usia 32 tahun memiliki anak-anak autis dan tuna
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun
rungu .


Tak hanya tuli dan autis, lima anak Murphy yaitu Chloe (9), Lauren (8), Lukas (7), Erin (5) dan Kian (3), juga mengalami gangguan otak dan
inkontimenensia
, seperti yang dilansir Daily Mail.


Ironisnya, selama mengkonsumsi obat tersebut, para medis tidak pernah menjelaskan efek samping dari Epilim, terutama saat dirinya tengah hamil. "Sepanjang kehamilan, saya tidak pernah diperingatkan efek samping dari obat epilepsi yang saya minum, dan apa yang akan terjadi dengan bayi di rahim saya," ujarnya.


Murphy menuturkan, pertanyaan besar dan keraguan baru ia temukan saat  melahirkan anak-anaknya. Ia merasakan ada yang aneh pada lima anaknya yang memiliki masalah kesehatan.


Bahaya Epilim


Epilim adalah salah satu nama merek obat yang mengandung
valporate natrium
. Meski diperuntukan untuk orang-orang yang menderita depresi, gangguan bipolar dan depresi, obat ini juga dapat membuat bayi lahir cacat, jika dikonsumsi oleh wanita hamil.


Para peneliti di Liverpool University dalam studi-nya menemukan, anak-anak yang terkena Epilim dalam kandungan memiliki enam kali lebih mengembangkan gangguan perkembangan saraf. Mereka juga menyimpulkan, satu dari tiga anak yang lahir dari ibu yang konsumsi Eipilim akan mengalami kesulitan belajar, IQ rendah, dan autisme.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya