Kue Terbesar Dunia, Berasal dari Indonesia

cake batik terbesar dunia
Sumber :
  • Stella Maris
VIVAlife - Hingga saat ini, batik masih menjadi tema menarik untuk digali lebih dalam. Dan kali ini motif batik tidak saja tertoreh pada selembar kain tapi juga digunakan sebagai ornamen diberbagai perabot dan seni interior. batik pun mulai menyeberang ke dunia kuliner. Terbukti dengan diciptakannya sebuah kue raksasa bermotif batik truntum.
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Mengagumkan, karena kue bernama 'Capucinno Chocolate Cake' yang notabene asal Indonesia ini sekaligus masuk dalam Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Kue ini sendiri dikerjakan oleh enam orang ahli yang khusus menangani pasrty dari Hotel bidakara Jakarta. 
Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Mereka merampungkan kue dengan panjang 2, 40 meter dan lebar 1,20 meter ini dengan lapisan motif batik sebagai finishing. Total bobot kue ini mencapai 360 kilogram. Untuk resep, mereka hanya menggunakan 12 bahan campuran, yakni butter, gula halus, telur, backing powder, tepung terigu, kopi bubuk, coffe pasta, vanilla essence, dark coverture, dark compound, milk compound, dan cream special cooking.
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

"Kue dengan rasa kopi ini dikerjakan oleh enam orang dengan skill tertentu atau khusus. Hal ini dikarenakan dalam pengerjaannya dibutuhkan ketelitian dan hanya orang selektif yang mampu mengerjakannya," ujar Executive Chef, Buyung Radiansyah saat ditemui di Hotel Bidakara, Jakarta.

Ketelitian dan kejelian dalam pembuatan motif batik diatas kue ini pun membutuhkan konsentrasi ekstra. Pasalnya, jika ada sedikit saja kesalahan, mereka tidak dapat mengulang untuk memperbaikinya. "Mau tidak mau kita harus mengulangnya," ujar Buyung.

Tim pembuat kue sengaja memilih motif batik untuk mengedepankan sisi tradisional Indonesia. Hal ini juga diakui oleh Jaya Suprana sebagai Ketua Umum Museum Rekor Dunia Indonesia.

"Idenya bagus sekali, memadukan jasa seni boga dan seni busana yang sudah diakui UNESCO world heritage. Motif ini yang membuat kue diterima untuk rekor dunia," ujarnya. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya