Wanita Hamil Rentan Alami Depresi

Wanita Hamil
Sumber :
  • http://planetsehat.com

VIVAlife - Menurut sebuah studi terbaru, depresi mempengaruhi satu dari delapan wanita hamil. Apakah Anda salah satu dari mereka?

Kehamilan dikatakan menjadi salah satu tahapan paling bahagia dalam hidup seorang wanita. Tetapi, kehamilan bisa menjadi hal paling sulit dilalui karena butuh persiapan fisik dan mental.

Tak banyak pula yang tahu, depresi bukan hanya rentan dialami wanita yang tengah berbadan dua. Depresi, juga bisa dialami oleh wanita yang baru melahirkan. Hal ini biasa disebut postpartum blues--merupakan kesedihan atau kemurungan yang dialami wanita  setelah melahirkan. Biasanya, hal ini hanya muncul sementara waktu yakni sekitar dua hari hingga dua minggu sejak kelahiran bayi.

Beberapa penyesuaian dibutuhkan oleh wanita dalam menghadapi aktivitas dan peran barunya sebagai ibu pada minggu-minggu atau bulan-bulan pertama setelah melahirkan, baik dari segi fisik maupun segi psikologis.

Ginekologi Dr Suman Bijlani mengatakan, masalah depresi bisa timbul karena  wanita hamil, mengalami perubahan hormonal yang diperparah oleh stres. Hal ini bisa juga diperparah karena wanita hamil tidak bisa melakukan penyesuaian keuangan dan karir, mengalami ketidaknyamanan fisik, trauma kehamilan sebelumnya, kecemasan tentang kemungkinan komplikasi, dan telalu khawatir soal perencanaan untuk bayi yang baru lahir.

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Ini semua  dapat menyebabkan ketidakstabilan emosional dan kadang-kadang, depresi timbul, dapat menyerang setiap saat selama kehamilan. Tingkat keparahannya bervariasi dan tidak sama antara wanita hamil satu dengan lainnya.

"Sebenarnya, wanita yang mengalami hal ini harus segera mencari bantuan," kata Seema Hingorrany, psikolog klinis menambahkan.

Dan ada beberapa gejala yang ditunjukkan, untuk mengetahui wanita hamil tengah mengalami depresi. Seperti diberitakan Times of India, gejala yang paling umum salah satunya adalah timbulnya kecemasan kronis.

Gejala

Kecemasan kronis, kekhawatiran tentang  terjadinya keguguran, ini bisa jadi tanda ibu hamil mengalami depresi. bahkan setelah melahirkan, gejala depresi juga masih bisa ditimbulkan seperti rasa bersalah tentang perasaan negatif, diikuti dengan menangis berkepanjangan.

Khawatir bahwa pasangan Anda dapat meninggalkan Anda setelah bayi lahir, juga bisa menjadi tanda lain wanita mengalami depresi usai melahirkan. Rendah kepercayaan diri dan keraguan tentang menjadi orangtua yang mampu, merasa kesepian, marah, lesu. Kondisi biasanya juga makin parah saat wanita mengalami masalah dengan tidur dan makan, kurangnya perhatian dan konsentrasi.

Kondisi yang parah, si ibu juga bisa membenci bayinya yang baru dilarikan karena merasa, mengurus bayi adalah tanggung jawab yang besar. Untuk itu, kehamilan penting untuk direncanakan untuk mempersiapkan fisik dan mental wanita.

Pengobatan

Pengobatan tergantung pada tingkat keparahan masalah. Wanita dengan gejala minor akan mendapat manfaat dari konseling, dukungan dari orang-orang dekat dan sayang, diet yang lebih baik dan olahraga.

Antidepresan diperlukan untuk mengobati kasus yang parah, dan digunakan dengan hati-hati, di bawah pengawasan medis. Dosis minimum obat harus diberikan, untuk menghindari kerusakan pada janin. "Beberapa pasien harus melakukan kontak dekat dengan, psikolog dan psikiater atau dokter kandungan mereka, sehingga semua kekhawatiran mereka bisa ditangani. Seorang wanita harus didukung selama masa nifasnya,  karena wanita juga cenderung menderita depresi pasca melahirkan, "kata Dr Bijlani.

Solusi

Hindari stres selama kehamilan dan tidak melakukan diet. Memanjakan diri dalam kegiatan-kegiatan yang membuat Anda bahagia. "Wanita yang mengalami depresi karena alasan genetik harus lebih berhati-hati. Keluarga harus lebih sensitif dan empati terhadap kebutuhan emosional wanita. Suami  harus memberikan perhatian serius dan memahami istri mereka daripada mengabaikan masalah seperti perubahan hormonal," tambah  Seema.

Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024