Studi: Kehamilan Ubah Kaki Secara Permanen

Ibu hamil sedang berjemur
Sumber :
  • birthologie.com
VIVAlife -
Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam
Selama kehamilan, banyak wanita yang mengeluhkan gangguan pada kaki. Mulai dari rasa pegal yang berlebihan hingga bentuknya yang membesar. Sebuah studi Universitas Iowa menemukan, kehamilan mengubah ukuran dan bentuk kaki wanita secara permanen.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Kaki yang makin rata akibat berkurangnya lengkungan pada kaki adalah masalah yang kerap dirasakan ibu hamil. Terutama pada trimester ketiga. Kemungkinan akibat penambahan berat badan dan persendian yang mengendur.
Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi


Studi yang dimuat dalam American Journal of Physical Medicine and Rehabilitation menyebutkan berkurangnya kelengkungan kaki bersifat permanen. Penelitian pada 49 wanita hamil dilakukan dengan mengukur lengkungan kaki pada trimester pertama dan lima bulan usai persalinan.


Hasilnya, sebanyak 60-70 persen wanita dalam studi, kaki mereka lebih panjang dan lebar pasca hamil. Ukuran kaki bertambah antara 2-10 mm dan bentuk kaki makin datar dan melebar. Studi juga menemukan kehamilan pertama memberi perubahan paling signifikan, sementara kehamilan kedua, ketiga, dan seterusnya tak memberi perubahan lebih lanjut pada kaki.


"Kami tahu bahwa wanita, khususnya wanita yang memiliki anak, banyak mengalami gangguan m
usculoskeletal.
Perubahan yang terjadi pada kaki selama kehamilan mungkin dapat menjelaskan mengapa wanita lebih berisiko mengalami sakit atau arthritis pada kaki, lutut, pinggang dan tulang belakang dibandingkan pria," ujar pemimpin studi Dr. Neil Segal seperti dilansir
Science Daily.

Penelitian lanjutan direncanakan untuk mengetahui apakah perubahan pada kaki mempengaruhi kesehatan. Seperti, arthritis di masa depan, serta bagaimana melindungi kesehatan musculoskeletal selama kehamilan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya