Sulit Mengingat Kata, Gejala Penurunan Memori

Ilustrasi lupa
Sumber :
  • Pixabay/pexels
VIVAlife -
Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham
Tak mampu mengingat kata awal dari daftar kata merupakan tanda awal penurunan fungsi mental dan memori. Hal ini menurut penelitian yang dipublikasi dalam Journal of Clinical Neuropsychology bulan Maret 2013.

Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah

Secara umum, seperti dikutip dari
MK Juga Surati KPU dan Bawaslu, Bakal Bacakan Dua Putusan
Live Science , orang dewasa mampu mengingat kata di awal daftar kata-kata yang sebagai kata-kata utama. Kata awal memang cenderung diingat lebih baik daripada yang berada di tengah daftar.


Efek ini disebabkan oleh fakta bahwa orang mengingat kata awal menandakan kekuatan memori yang lebih, dibandingkan pada mereka yang mengingat kata-kata di bagian tengah. Penelitian melibatkan 200 orang yang berusia antara 60 hingga 91 tahun.


Mereka diperdengarkan 15 kata sebanyak lima kali dan diminta mengingatnya.  Dua puluh menit kemudian, mereka kembali ditanyakan kata-kata tersebut. Hasilnya, orang yang kesulitan mengingat empat kata pertama dari 15 kata, hasil tes kognisinya yang dilakukan empat tahun kemudian, cenderung lebih buruk.


Para responden penelitian tak memiliki riwayat gangguan psikis ataupun dementia. Penelitian mengungkap, kerusakan pada bagian otak yang disebut hippocampus terkait dengan ketidakmampuan mengingat kata pertama. Hippocampus ini merupakan area otak yang berfungsi dalam pembentukan memori. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya