VIVALIFE

5 Teknik Bersihkan Liver dari Gangguan Lemak

Penumpukan lemak di perut dipicu kebiasaan makan makanan tak sehat.
Minggu, 10 Maret 2013
Oleh : Mona Indriyani, Stella Maris
Hindari makanan berlemak.

VIVAlife - Penumpukan lemak di hati jangan pernah coba Anda hiraukan, jika tak segera diatasi akan menyebabkan gangguan pencernaan. Selain obat-obatan untuk mengatasinya, ada beberapa 'pengobatan' di rumah yang patut dicoba.

Tak lain, penyebab fatty liver atau penumpukan lemak di perut dipicu oleh kebiasaan makan makanan tak sehat. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga berpotensi terkena penyakit ini. Jika sudah parah, Anda atau si kecil akan sulit mencerna makanan bahkan termasuk minum air.

Oleh karena itu, berikut beberapa solusi untuk mengatasi penumpukan lemak di perut, seperti dikutip dalam Boldsky:

Hindari Makanan Berminyak

Minyak merupakan salah satu musuh bagi penderita fatty liver. Selain itu, minyak juga menurunkan kemampuan hati untuk mengeluarkan cairan pencernaan. Hingga pada akhirnya dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan mual.

Berjalan

Mereka dengan penumpukan lemak, akan lebih baik jika merangsang organ-organ internal agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Cara paling mudah dan sederhana adalah dengan berjalan kaki. Cara ini dapat membantu hati mengeluarkan enzim untuk pencernaan.

Yoga

Ada beberapa pose dalam olahraga yoga untuk meningkatkan sirkulasi darah, terutama di bagian perut Anda. Tak hanya itu, yoga juga dapat merangsang hati untuk mengatasi penumpukan lemak. Untuk itu, cobalah posisi yoga asanas.

Ini merupakan posisi segitiga dengan kaki sebelah kiri (secara bergantian) ditarik ke belakang setinggi-tingginya dengan menggunakan tangan kiri, hingga sejajar dengan tubuh yang condong ke depan. Tahan keseimbangan Anda.

Sayuran Hijau

Pada dasarnya sayuran hijau tak mengandung lemak. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki banyak antioksidan yang membantu membunuh racun dari hati. Artinya mengkonsumsi sayuran hijau merupakan cara terbaik untuk menghindari penumpukan lemak hati.

Hindari Alkohol

Alkohol menjadi pemicu utama penumpukan lemak hati. Selain alkohol tidak baik untuk kesehatan, konsumsi alkohol berlebihan yang memicu timbulnya masalah ini. (eh)

 

TERKAIT
TERPOPULER