VIDEO: Tradisi Unik Mancing Massal Penduduk Afrika

ritual antogo, afrika
Sumber :
  • Matteo Bertolino
VIVAlife - Kondisi alam yang kering tidak lantas mematikan tradisi. Dari sini pun bisa lahir keunikan. Di Afrika misalnya, sebuah desa gersang bernama Bamba, di wilayah Dogon, penduduk aslinya memiliki ritual memancing massal di setiap tahunnya.
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Dahulu Bamba merupakan daerah subur yang diselimuti hutan hijau dan banyak danau yang ditinggali roh-roh baik yang menyediakan limpahan ikan sebagai sumber pangan. Namun seiring berjalannya waktu, iklim mengubah daerah ini menjadi gersang dan hanya menyisakan satu danau yang kemudian disucikan.
Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Satu tahun sekali, masyarakat lokal melakukan ritual memancing di danau ini. Mereka menyebutnya sebagai perayaan Antogo. Ratusan penduduk wilayah Dogon berdatangan ke danau seukuran kolam renang olimpiade ini. Mereka berkerumun di sekitar danau dengan membawa peralatan lengkap seperti keranjang dan senjata untuk menangkap ikan.
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Namun hanya kaum laki-laki saja yang diperbolehkan ikut dalam perayaan ini. Sedangkan para wanita tidak diperbolehkan karena alasan siklus menstruasi yang dianggap akan mengotori danau suci ini.

Saat ritual dimulai, ratusan orang bertelanjang dada akan melompat ke danau dan menangkap ikan dengan cepat. Waktu untuk menangkap ikan hanya 15 menit, setelahnya akan dibunyikan tembakan sebagai tanda berakhirnya perayaan.


Seluruh ikan hasil tangkapan akan diletakkan dalam wadah dan diberikan pada tertua desa Bamba. nantinya, mereka yang akan mendistribusikan ikan-ikan tersebut secara adil kepada warganya. Perayaan Antogo ini rupanya menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Afrika di setiap musim kemarau panjang. (eh)


Ingin tahu keunikan budaya Indonesia, klik gonla.com.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya