Sering Marah, Waspadai Penyakit Ini

ilustrasi marah.
Sumber :
VIVAlife - Banyak penelitian menyatakan bahwa kondisi psikologis seseorang turut berpengaruh pada taraf kesehatan secara keseluruhan. Dan salah satu cara menjaga kesehatan adalah: mengatur emosi terkait peluapan amarah. Hal ini tidaklah mudah, mengingat proses ini membutuhkan tingkat kesabaran tinggi. Bukan saja stres, kemarahan juga berisiko melahirkan penyakit lain seperti berikut:
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Jantung
Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein
Ketika amarah terjadi, jantung berdenyut lebih cepat. Jika Anda terus menerus marah, artinya jantung lebih rentan pada stroke. Untuk itu bagi para penderita jantung ada baiknya Anda menjaga suasana hati dengan berlatih yoga.

Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun
Gangguan tidur
Hormon dalam tubuh menjadi tidak stabil saat kita marah. Metabolisme pun menjadi kacau dan berefek pada kesulitan tidur atau insomnia. 

Tekanan darah tinggi
Bukan hanya faktor makanan tak sehat yang menyebabkan tekanan darah naik. Meski hanya bersifat sementara, saat marah pun tekanan darah juga ikut naik. 

Masalah pernapasan
Mereka yang marah rentan pada gangguan pernapasan seperti asma. Artinya emosi yang meledak-ledak membuat napas Anda terengah, dan memicu serangan asma.

Sakit kepala
Kemarahan juga memicu pembuluh darah berdenyut tak teratur. Kondisi ini dapat menghadirkan rasa sakit kepala akut. 

Stroke
Stroke juga terjadi karena adanya gangguan fungsi saraf otak. Jika Anda marah berlebihan dan saat yang bersamaan tekanan darah menjadi naik, kondisi ini juga akan mengganggu sistem saraf. (eh)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya