Ketahui Sembilan Manfaat Penting Lari

Wanita jogging.
Sumber :

VIVAlife - Joging atau berlari telah lama dikenal sebagai salah satu olahraga bebas biaya sekaligus berkualitas. Sebab, olahraga ini bisa dilakukan dimana saja dan oleh segala usia.

Polisi Bagi Takjil Gratis Tapi Tak Ada Pengendara Melintas, Netizen: Anda Berkumpul, Kami Putar Arah

Namun tak banyak yang mengetahui bahwa berlari juga dapat menghadirkan banyak manfaat untuk Anda. Tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menjaga kualitas fisik. Selain dapat meningkatkan kesehatan tibu, berlari juga diyakini mampu memperpanjang usia Anda.

Berikut beberapa manfaat berlari lainnya, seperti dikutip dalam Female First:

1. Bebas biaya.

Sandra Dewi Ogah Bahas Kekayaan Suami, Tahu Harvey Moeis Korupsi?

Tentunya ini merupakan salah satu olahraga yang tak mengeluarkan banyak biaya. Tak seperti fitnes, berlari atau joging dapat Anda lakukan dimanapun, seperti taman, lapangan, komplek sekitar rumah, bahkan di dalam rumah sekalipun.

2. Bersosialisasi.

Joging menjadi salah satu wadah yang membawa Anda pada pertemuan dengan orang-orang baru. Sambil joging, Anda juga bisa mendapatkan informasi atau sekadar bertukar pikiran.

3. Mengurangi tekanan.

Otto Hasibuan: Rakyat Dituduh Pilih Prabowo-Gibran karena Bansos, Ini Sangat Menyakitkan!

Mereka yang rutin berolahraga ini, relatif bebas dari persoalan tekanan darah. Namun bagi mereka yang memiliki masalah pada tekanan darah, joging dapat mengurangi tekanan darah serta mencegah kolesterol.

4. Membakar lemak.

Olahraga ini membantu membakar kalori dalam tubuh. Dengan kata lain, dipastikan joging juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

5. Dorongan energi.

Umumnya semua latihan atau olahraga dapat meningkatkan energi. Akan tetapi dengan rutin joging minimal satu kali dalam sehari membantu menjauhkan Anda dari kelelahan.

6. Meningkatkan rasa percaya diri.

Pada dasarnya penampilan tak hanya diukir dari luar saja. Dengan olahraga ini, tentunya dapat menciptakan kecantikan dalam diri yang baik. Salah satunya meningkatkan rasa percaya diri. Ini karena saat berlari, Anda bertemu dengan banyak orang.

7. Menjauhkan stres.

Ternyata joging dapat menjauhkan Anda dari tekanan atau stres. Hal ini dikarenakan kadar hormon serotonin dalam otak meningkat, kemudian menciptakan pikiran yang lebih tenang.

8. Meningkatkan memori.

Berlari mampu meningkatkan kinerja otak. Beberapa di antaranya membantu menjaga ketajaman pikiran dan mengurangi gejala kepikunan.

9. Panjang umur.

Khasiat berlari yang satu ini bukan kabar baru dalam dunia olahraga. Beberapa peneliti telah melakukan penelitian dan hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang rutin berolahraga ini memiliki kelanggengan usia dibandingkan mereka yang tidak pernah berlari.

Agar hasilnya lebih maksimal, sebaiknya Anda berlari rutin menggunakan pakaian dan sepatu yang tepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya