Denyut Jantung Terlalu Cepat, Konsumsi 11 Asupan Ini

Kismis hitam
Sumber :

VIVAlife - Frekuensi denyut jantung yang kelewat tinggi bisa jadi masalah buat jantung. Jantung berdetak lebih cepat saat Anda cemas, stres dan melakukan aktivitas fisik seperti berjalan, jogging, dan sebagainya.

Namun, jika Anda sering merasa jantung berdenyut cepat tanpa alasan, maka Anda perlu segera memeriksakannya ke dokter. Kondisi tersebut bisa jadiadalah tachycardia, di mana denyut jantung melonjak tinggi dan tak terduga.

Pengemudi Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal Buang Pelat TNI Palsu di Bandung

Denyut jantung yang normal pada orang dewasa, seperti dikutip dari Bold Sky, adalah 60 hingga 100 denyut per menit. Jika denyut jantung Anda meningkat lebih dari 100 per menit dalam kondisi normal, maka hal itu dapat menyebabkan komplikasi jantung yang parah. Denyut jantung yang tinggi secara terus-menerus meningkatkan risiko terkena serangan jantung dan stroke.

Untuk menangkalnya, selain dengan obat-obatan, Anda dapat mencoba beberapa asupan berikut yang dapat membantu Anda menurunkan level denyut jantung secara alami.

Ada Apa dengan Lolly? Ungkapan Capek dan Keinginan Hidup Tenang Jadi Sorotan


1. Tahu

Tahu kaya akan kalsium dan vitamin yang menyehatkan jantung. Tak hanya itu, tahu juga baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan.

2. Pisang

5 Fakta Menarik Jelang Timnas Indonesia vs Australia di Piala Asia U-23

Buah ini adalah sumber kalium tinggi. Kalium merupakan jenis mineral yang sangat efektif dalam menurunkan denyut jantung yang tinggi.

3. Kismis

Kismis juga kaya akan kalium dan rendah sodium. Buah kering ini telah terbukti bermanfaat untuk menyembuhkan tachycardia secara alami.

4. Bayam

Sayuran hijau seperti bayam kaya akan magnesium. Jumlah magnesium yang rendah dalam tubuh adalah salah satu penyebab utama denyut jantung yang terlalu tinggi dan masalahjantung lainnya.

5. Kacang almond

Jenis kacang-kacangan yang satu ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung karena kaya akan antioksidan dan vitamin serta menurunkan kadar kolesterol buruk.

6. Susu

Kekurangan kalsium adalah salah satu penyebab utama denyut jantung yang tinggi. Jika Anda ingin menurunkannya secara alami, maka konsumsilah susu atau makanan lain yang kaya akan kalsium.

7. Labu

Labu sangat kaya akan magnesium yang dapat membantu menurunkan denyut jantung Anda. Magnesium bermanfaat dalam merawat dan mengatur ritme denyut jantung.

8. Ikan

Ikan berlemak sehat seperti tuna, salmon, mackerel, herring, dan sarden kaya asam lemak omega-3 yang baik untuk jantung. Mengkonsumsi ikan telah terbukti efektif menurunkan denyut jantung yang terlalu cepat.

9. Alpukat

Kalium digunakan oleh tubuh untuk menghantarkan listrik ke seluruh tubuh, termasuk jantung. Buah alpukat kaya akan kandungan kalium.  

10. Tomat

Selain dapat menurunkan denyut jantung yang terlalu cepat, tomat juga bisa membantu mencegah perut mulas. Mengkonsumsi tomat dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

11. Bawang putih

Menurut banyak penelitian, bawang putih dapat menyehatkan jantung karena mampu mencegah aliran darah tersumbat dengan menurunkan kadar kolesterol buruk. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga dapat membuang radikal bebas dalam tubuh Anda. (kd)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya