« Kembali
Kenikmatan Udang Selingkuh Sungai Baliem
Paduan bentuk fisik antara kepiting dan udang.
Wuri Handayani, Anda Nurlaila (Bogor)
Jum'at, 15 Maret 2013, 13:48 WIB
Sajian udang selingkuh. (kaskus.co.id)
Sajian udang selingkuh. (kaskus.co.id)

VIVAlife - Bila berkunjung ke kota Wamena, ada kuliner istimewa yang wajib Anda cicipi: udang selingkuh. Ya, olahan udang yang ditangkap dari Sungai Baliem ini adalah salah satu menu favorit masyarakat setempat maupun pengunjung yang datang dari luar kota.  

Julukan udang selingkuh boleh jadi karena penampilan fisik udang air tawar tersebut. Udang jenis ini memiliki capit seperti kepiting. Rio A Pangemanan, seorang warga yang tinggal puluhan tahun di Wamena mengatakan, udang air tawar di sungai Baliem sebenarnya spesies asli dari Australia yang dikembangbiakkan di Wamena. "Dulu orang Australia mencoba mengembangbiakkan udang selingkuh ini di Sungai Baliem. Ternyata berhasil," kata Rio.

Bagaimana rasanya? Persis seperti bentuknya, udang selingkuh memiliki perpaduan rasa manis udang dan rasa gurih daging kepiting. Daging capitnya sangat khas kepiting, sedangkan aromanya dominan udang. 

Beberapa restoran maupun pedagang kaki lima di Wemena kerap menghidangkan aneka menu dari udang-kepiting tersebut. Menu udang selingkuh yang menjadi andalan adalah udang goreng mentega, udang goreng saus asam manis, udang kupas rica-rica, udang rebus, dan udang goreng lunch box. 

Harga seporsi udang selingkuh memang cukup menguras kantong, berkisar Rp250 hingga Rp500ribu tergantung besar kecil udang dan sedang musim atau tidak. "Mungkin karena cara menangkapnya masih tradisional dan belum ada yang membudidayakannya, maka olahan udang ini menjadi mahal," kata Rio yang bekerja di sebuah lembaga nirlaba asing ini.

Selama menikmati sajian berselera udang selingkuh, jangan lupa memesan minuman pendamping spesial: jus terung belanda. Kota kecil yang terletak di lembah ini banyak ditumbuhi tanaman terung belanda yang subur. 
• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id