« Kembali
Kunci Panjang Umur Penduduk Tertua Dunia
Isolasi sosial berdampak buruk pada kesehatan tubuh.
Wuri Handayani, Marlina Irdayanti
Senin, 18 Maret 2013, 12:09 WIB
Ilustrasi umur panjang. (surya.co.id)
Ilustrasi umur panjang. (surya.co.id)

VIVAlife - Apa yang sudah Anda lakukan untuk mendapatkan umur panjang? Menjaga pola makan, olahraga, menghindari stres, atau banyak tertawa. Berbagai cara ditempuh banyak orang untuk mendapatkan umur lebih panjang, tapi penduduk Okinawa memiliki cara sendiri.

Di salah satu kota di Jepang ini, rata-rata penduduknya mampu bertahan hingga lebih dari 100 tahun. Okinawa juga merupakan kota dengan penduduk yang memiliki hidup terpanjang di dunia. Berada di lepas pantai selatan Jepang, penduduk Okinawa hidup dengan jaringan sosial dan kehidupan bertetangga yang baik. Mereka saling memberi kontribusi satu sama lain untuk menjalin kebaikan. Dilansir Mirror, pendekatan seperti ini yang membuat mereka hidup lebih panjang.
 
Selain kehidupan sosial yang baik, umur panjang didapatkan mereka dari rasa optimis. Optimisme juga memberi ketahanan saat usia bertambah. Penduduk Okinawa percaya, optimisme juga obat yang baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit. 
 
Penelitian menunjukkan bahwa orang-orang yang bersikap optimis menderita penyakit lebih sedikit dan pulih lebih cepat. Mereka juga lebih bertanggung jawab terhadap kesehatan dan bebas dari depresi. 

Penelitian dari Universitas Buffalodi Amerika juga menunjukkan bahwa isolasi sosial dan stres berdampak pada kesehatan secara signifikan. Mereka melakukan pengamatannya pada 850 orang yang dalam satu tahun.

Lima tahun kemudian, para ilmuwan menemukan bahwa ketika berhadapan dengan situasi yang menimbulkan stres, mereka yang sering membantu orang lain memiliki potensi lebih sedikit untuk meninggal, dibandingkan mereka yang tidak membantu. (eh)

• VIVAlife   |   Share :  

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id