10 Kalimat yang Pantang Diucapkan ke Wanita Lajang (I)

Ilustrasi wanita tersenyum
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Sebagai seorang teman, terkadang Anda bermaksud memberi saran atau nasihat kepada teman yang berstatus lajang. Niat Anda memang cukup baik, namun ada kalanya saran tersebut justru menyinggung perasaan teman-teman Anda.

Aplikasi Ini Bisa Bikin Penumpang Terhibur di Pesawat

"Sebelum memberikan saran, tanyakan dulu pada diri sendiri apa yang lebih penting: pendapat Anda atau persahabatan Anda?" ujar Helen Friedman, PhD, seorang psikolog klinis dari St Louis seperti dilansir laman Womansday.

Inilah beberapa pertanyaan dan pernyataan yang sebaiknya Anda hindari untuk dikatakan kepada teman-teman Anda yang lajang:

1. "Kenapa kamu tidak menikah?"

Pertanyaan ini hampir sering sekali diucapkan ketika Anda berkumpul bersama teman-teman lama dan menemukan satu diantaranya belum menikah. Beberapa orang akan menganggap pertanyaan ini sangat tidak sopan karena seolah-olah memaksa mereka untuk mencari pasangan hidup.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

"Pertanyaan ini seolah-olah menganggap bahwa orang-orang yang hidup sendiri itu menyedihkan,” ujar Bella DePaulo, PhD, penulis Singled Out dan Singlism. Jadi sebaiknya hindari pertanyaan itu dan pertanyaan-pertanyaan sejenisnya seperti, “Apa kamu tidak menikah?” atau “Apa kamu pernah menikah?”

2. "Bagaimana jika coba kencan online ?"


Memang tidak sedikit orang yang sukses menemukan pasangannya lewat kencan online. Tapi tidak semua orang akan setuju. "Saya tidak bisa memberitahu Anda berapa banyak orang telah menyarankan saya untuk melakukan kencan online , seolah belum pernah diusulkan sebelumnya," ungkap Idora. Menurut Idora, seorang wanita lajang, melakukan kencan online sama mengecewakannya seperti melakukan kencan yang sebenarnya.

“Akhirnya, ingatlah bahwa menawarkan nasihat untuk kencan sama dengan menyiratkan ada sesuatu yang salah dengan menjadi lajang,” kataDr Friedman.

3. "Berhentilah bersikap pilih-pilih."


"Hindari pernyataan ini. Komentar ini pada dasarnya seperti tidak mempercayai penilaiannya dan Anda menuduhnya sebagai orang yang tidak tahu apa keinginan dan kebutuhannya sendiri,” kata Dr Friedman.

Arema FC Semakin Jauh Dari Zona Degradasi

Jika dia terlihat frustrasi setelah melakukan sebuah kencan, akan lebih baik jika Anda meresponsnya dengan kalimat, “Ini tantangan buatmu untuk menemukan orang yang lebih baik darinya." Dengan begitu, Anda akan lebih mengakui realitas kencannya tanpa mengkritik dirinya. Akan lebih baik lagi jika Anda menanyakan seperti apa tipe pria idamannya.

4. "Kamu pasti akan mendapatkan pria yang sempurna, bahkan tanpa kamu harus mencarinya."

Ini pernyataan yang benar-benar buruk. Di satu sisi, pernyataan ini mungkin saja akan membuat teman Anda merasa tenang jika dia sedang puas dengan kehidupan lajangnya. Di sisi lain, menurut Dr Friedman, komentar tersebut akan membuatnya berhenti berusaha jika sebenarnya teman Anda justru sedang mencari sebuah hubungan.

Ini sama saja dengan mengatakan, ‘duduk saja dan tunggu’. Lebih baik, tegaskan pada teman Anda bahwa Anda benar-benar peduli dan ajak dia ke berbagai acara jika Anda memang tahu dia akan menikmatinya bukan karena Anda merasa kasihan padanya.

5. “Kenapa sih, kamu putus sama dia?”

Ini adalah salah satu pertanyaan terburuk yang Anda sampaikan pada teman Anda. "Ketika sebuah hubungan berakhir, biasanya ada beberapa tingkat kesedihan, bahkan jika teman Anda sendiri yang mengakhiri hubungan tersebut," ucap Diana Kirschner, PhD, penulis buku online Find Your Soulmate Online in Six Simple Steps.

Oleh karena itu hindari pertanyaan ini. Jika teman Anda ingin membicarakannya, ia akan menceritakannya sendiri.

Bersambung...

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya