Kisah Haru, Lahir Tanpa Tulang Kering dan Lutut

Kaki Palsu
Sumber :
  • Daily Mail
VIVAlife
Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!
- Raut bahagia tampak terlihat pada wajah bocah asal Australia, Ted Johnson. Untuk pertama kalinya, anak laki-laki berusia 3 tahun ini, berjalan dengan menggunakan pergelangan palsu yang khusus dilengkapi dengan kaki.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Seperti dilansir dari laman
Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Daily Mail , Ted lahir tanpa tulang kering atau tibia dan lutut. Kondisi langka ini disebut dengan tibial Hemimelia
dan tidak terdeteksi saat Ted masih di dalam kandungan sang ibunda, Abbie.


Ketika Ted berusia satu tahun, Abbie dan suaminya, Peter dihadapkan pada keputusan berat. Keduanya harus merelakan kaki buah hati mereka diamputasi.


Usai amputasi tersebut, Ted pun memakai beberapa pergelangan kaki palsu. Namun baru sekarang lah, ia mendapatkan pergelangan palsu lengkap dengan kaki.


Pekan ini, Ted mencoba kaki palsu yang terbuat dari
fiberglass
berwarna biru untuk kali pertama di lapangan basket Royal Children's Hospital, Melbourne, Australia. Ia terlihat sangat bersemangat.


"Ia luar biasa, tak ada yang bisa menghentikannya," ujar Abbie.


"Pada mulanya kami pikir ia mungkin perlu bantuan untuk berkeliling. Oleh karena itu saya tak percaya ia bisa melakukannya sebaik ini. Besok, kami akan pergi membeli sepatu untuk pertama kalinya."


Prosthetist Jim Lavranos yang membuat kaki palsu untuk Ted mengatakan, biasanya anak-anak butuh 3-4 tahun untuk bergerak dan menyesuaikan diri dengan kaki palsunya. Namun, Ted justru bisa melakukannya lebih awal. "Ini karena ia begitu cepat dan percaya diri," kata Jim.


Tibial Hemimelia adalah kondisi dimana seseorang kehilangan sebagian atau seluruh tibia. Seperti diketahui manusia memiliki dua tulang panjang di kaki bagian bawah. Bagian tebal disebut dengan tibia sementara bagian tipis disebut fibula.


Pada orang yang mengalami
tibial hemimeli
a, fibula tetap ada. Namun bagian tibianya tidak ada atau cacat. Kondisi ini juga disertai dengan deformitas kaki dan terdapat kemungkinan kaki memiliki jari-jari tambahan.


Kondisi lainnya yang ditemui pada penderita
tibial hemimelia
adalah lutut yang bengkok ke dalam. Sebagian besar kaki yang mengalami
tibial hemimelia
juga terlihat 'tidak biasa'.  (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya