Minum Teh Berlebihan, Wanita AS Derita Kelainan Tulang

Teh
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Seorang wanita asal Michigan, Amerika serikat mengalami kasus kelainan tulang langka. Gangguan tersebutĀ  akibat kebiasannya minum teh secara ekstrem.

Ada Apa di Kota Isfahan Iran yang Baru Saja Diserang Israel?

Tiap harinya, wanita tersebut minum teh dari celupan 100 kantung teh. Hal tersebut, seperti dilansir dari LiveScience.com, dilakukannya selama 17 tahun.

Ia mengunjungi dokter setelah mengalami nyeri di area tangan kaki dan pinggul selama lebih dari lima tahun. Pemeriksaan sinar X pun dilakukan untuk mengetahui kondisinya secara detail.

Diketahui, terdapat area tulang yang sangat padat yaitu vertebra tulang belakang dan kalsifikasi ligamen di lengan. Hal tersebut menurutĀ  dr Sudhaker D. Rao, spesialis endokrinologi serta tulang dan metabolisme mineral, dari Henry Ford Hospital.

Para peneliti menduga wanita berusia 47 tahun itu mengalami fluorosis tulang. Gangguan tulang tersebut, disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi fluorida, mineral yang ditemukan dalam teh serta air minum.

Hasil pemeriksaan darah pasien menunjukan kalau kadar fluoride-nya empat kali lebih tinggi dari kadar normal. Gangguan fluorosis rangka ini terjadi endemik beberapa di wilayah dunia.

Ngeri Peringatan Terbaru Iran kepada Israel, Mulai Sebut Nuklir

Tepatnya area yang kadar fluoridenya pada air sangat tinggi, seperti beberapa bagian di negara India dan China. Tetapi, kasus ini jarang terjadi di Eropa dan Amerika Utara.

Rao mengatakan pasien awalnya dirujuk padanya karena para dokter menduga dia mengidap kanker. Dari gejala cukup mirip dan muncul pada hasil pemeriksaan sinar-X di area tulang yang padat.

Tapi Rao pernah melihat langsung kasus ini pada seorang warga India asli. "Saya langsung bisa mengenalinya segera," katanya.

Menurutnya, kelebihan fluorida biasanya dihilangkan dari tubuh oleh ginjal. Tetapi jika seseorang mengkonsumsi banyak itu, dalam hal ini karena pasien mengkonsumi banyak sekali teh dari waktu ke waktu, fluoride membentuk semacam 'deposito kristal' pada tulang. Efeknya, nyeri menahun di area pemadatan tulang tersebut. (adi)

PO Bus Borlindo

Sopir Bus yang Ajak Makan 30 Penumpang di Rumah Mertuanya saat Lebaran dapat Rp100 Juta

Sopir bus bernama Satir Tajuddin sempat viral karena mengajak seluruh penumpang makan di rumah mertuanya saat hari lebaran. Kini, Satir dikabarkan mendapat banyak donasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024