Kedelai Cegah Pertumbuhan Sel Kanker

olahan kedelai
Sumber :

VIVAlife - Di Indonesia, kedelai umumnya digunakan sebagai bahan utama untuk membuat tempe, tahu dan kecap. Tapi tahukah Anda bahwa jenis kacang yang satu ini memiliki kandungan anti kanker?

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Dalam jurnal Food Research International, para peneliti dari University of Arkansas di Fayetteville menemukan, peptida dari kedelai yang telah diekstrak dan diambil minyaknya dipercaya dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker usus, kanker hati, dan kanker paru-paru ketika diuji di laboratorium.

"Respon tersebut menunjukkan bahwa peptida memiliki efek mencegah pertumbuhan sel-sel kanker yang signifikan," tulis para peneliti studi, seperti yang dilansir Huffington post.

Mereka juga mengatakan secara spesifik bahwa semakin tinggi dosis peptida dalam kedelai, semakin besar pula efeknya dalam menghentikan pertumbuhan sel kanker yakni 73 persen pada kanker usus, 70 persen pada kanker hati dan 68 persen kanker paru-paru.

Selain peptida pada kacang kedelai, kandungan alami yang berpotensi menghentikan pertumbuhan sel kanker yakni resveratrol yang terkandung dalam anggur merah. Minuman alkohol ini mampu menghentikan pertumbuhan sel kanker payudara karena efeknya pada esterogen. Sedangkan sulforaphane yang terkandung di dalam brokoli mampu membunuh sel leukimia.

Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun
Bra

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Bra yang tidak pas dapat berpengaruh pada postur dan organ internal.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2013