VIVALIFE

Tiba-tiba Pingsan, Bisa Jadi Kurang Kalium

Biasanya, mereka yang kekurangan kalium jadi mudah marah.
Kamis, 28 Maret 2013
Oleh : Mutia Nugraheni, Stella Maris
Pisang sangat kaya kalium.
VIVAlife - Pada dasarnya 60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Demi menjaga keseimbangannya dibutuhkan kalium atau biasa dikenal dengan potasium. Jika tubuh kekurangan kalium, dapat menyebabkan tubuh lemas dan mudah lelah.

Kalium merupakan mineral nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk keseimbangan cairan. Saat tubuh kekurangan kalium, Anda bisa jadi pingsan tiba-tiba karena gejalanya tak terlihat jelas.

"Kurang kalium gejala hampir tak terlihat. Mereka yang kurang kalium akan merasa sehat-sehat saja. Lalu bisa jadi sangat lemah dan tak bisa melakukan apa-apa," kata pakar gaya hidup, dr. Phaidon L Toruan, M.M sat ditemui di Hotel Ritz Carlton, Jakarta.

Tak hanya itu, jika kondisi sudah parah seseorang yang mengalaminya bisa jatuh pingsan. Hal ini karena tubuh tak cukup mendapat asupan kalium. Biasanya mereka yang kekurangan kalium jadi lebih mudah marah, mual, denyut jantung tak teratur, serta diare.

Namun hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi pisang enam buah perhari. Orang dewasa membutuhkan sekitar 3500 kalium, dan pisang mengandung 500 miligram kalium. Buah ini dapat bantu kontrol keseimbangan cairan tubuh.

Tak hanya itu, pisang juga mampu menurunkan tekanan darah Anda. Selain pisang, bisa juga mengkonsumsi kentang, kurma, avokad atau yogurt, karena kandungan kaliumnya sangat tinggi.
TERKAIT
TERPOPULER