Tips Menyimpan dan Memasak Jamur

Ilustrasi Jamur
Sumber :
  • istock

VIVAllife - Layaknya ayam, jamur merupakan bahan makanan yang digemari seluruh masyarakat di dunia. Tak hanya lezat, jamur juga mudah dimasak.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Anda dapat memasaknya sebagai bahan tambahan sup, tumisan, saus, salad, pizza dan masih banyak lagi. Jamur juga tahan lama ketika disimpan di lemari es.

Namun, untuk mendapatkan cita rasa jamur secara maksimal, terdapat beberapa cara menyimpan jamur yang tepat agar jamur tetap segar, tidak berair dan cepat menyusut. Cara dan waktu Anda memasak juga memengaruhi kualitas rasa dan tekstur jamur.

Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Untuk itu, simak beberapa tipsnya berikut ini seperti dilansir laman Times of India:

- Jangan mencuci jamur sebelum menyimpannya. Jamur yang belum terkena air dapat bertahan lebih lama dari jamur yang sudah Anda cuci. Sebelum menyimpannya, cukup bersihkan jamur dengan kain lap kering.

- Ketika menyimpan jamur, pastikan Anda memasukan ke dalam plastik khusus sebelum diletakkan di lemari es. Hal ini dikarenakan plastik khusus memudahkan jamur tetap bernapas sehingga jamur tidak akan kering dan menyusut saat disimpan.

- Jamur dapat dibekukan dalam keadaan mentah selama mereka tidak pernah dicairkan sebelumnya. Sebaliknya, saat memasak jamur beku, Anda harus langsung memasaknya dalam keadaan beku. Jamur beku sebaiknya dimasak dengan cara direbus, seperti ditambahkan ke dalam sup atau casserole.

- Untuk mempertahankan rasa dan tekstur alami jamur, cukup masak jamur tidak lebih dari empat atau lima menit.

- Metode yang seringkali digunakan untuk menumis jamur adalah dengan mengiris-irisnya terlebih dahulu. Cairkan mentega di penggorengan yang telah panas lalu masukkan jamur dan tumis dengan api sedang selama tiga menit hingga jamur berwarna keemasan. (adi)

Bra

Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan

Bra yang tidak pas dapat berpengaruh pada postur dan organ internal.

img_title
VIVA.co.id
7 Juni 2013