Ketahui Jenis Jamur Aman Konsumsi

Ilustrasi Jamur
Sumber :
  • istock
VIVAlife - Disebut memiliki antioksidan tinggi, jamur makin digemari sebagai menu sehat. Bahan ini bahkan diolah sebagai pengganti daging dengan rasa yang sangat mirip. Kandungan vitamin D-nya juga memberi manfaat lebih bagi kesehatan otak dan fungsi saraf. 
Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan

Bagi Anda yang menjaga pola makan alias diet, jamur bisa menjadi pilihan tepat. Jamur sangat rendah kalori dan tidak mengandung lemak. Serat pada jamur juga membuat kita kenyang lebih lama. Tapi Anda juga harus waspada terhadap konsumsi jamur karena beberapa jenis jamur dapat meracuni tubuh. Berikut jenis jamur yang dapat dikonsumsi secara aman seperti dilansir Times of India.
Kasus Pemerasan Firli Bahuri Mandek, Kombes Ade Safri: Pasti Tuntas

Porcini
Uruguay dan Indonesia Jajaki Kerja Sama Jaminan Produk Halal
Jamur ini memiliki bentuk yang halus, teksturnya mirip dengan daging, rasanya tajam dan berwarna coklat muda. Jamur ini sangat lezat saat ditambahkan ke dalam sup, saus, tumisan atau semur.

Oyster
Cita rasa jamur ini sangat mewah dan segar. Saat memasak jamur oyster, cukup menumisnya beberapa menit agar tekstur dan kesegarannya terjaga. Biasanya jamur ini dihidangkan dalam masakan Italia seperti saus creamy, risotto atau pasta.

Shiitake
Jenis jamur asal Jepang ini harganya cukup mahal. Ini karena teksturnya yang lembut dengan rasa kuat. Di hidangan-hidangan khas Jepang, shiitake sering dicampurkan untuk tumisan, sup dan beberapa side dish.

Enoki
Jamue enoki memiliki cita rasa ringan dan tekstur renyah. Sebelum memasaknya, Anda harus membuang bagian batangnya. jamur ini bisa dinikmati mentah bersama salad atau sandwich. 

Crimini
Jamur yang dikenal dengan baby bellas atau browns ini lebih beraroma tanah ketimbang jamur pada umumnya. Crimini dapat dimasak dengan cara ditumis, direbus, dipanggang dan sebagainya. Rasanya yang segar akan membuat membuatnya sempurna masakan berbahan daging atau sayuran. 

Jamur kancing
Jenis jamur ini paling murah dan mudah didapatkan. Jamur kancing memiliki rasa mild sehingga dapat dicampur dengan segala jenis makanan. Umumnya jamur kancing ditambahkan pada tumisan, sup, pizza, burger dan bahkan dimakan mentah bersama salad.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya