Studi: Sarapan Telur Mampu Langsingkan Tubuh

omelet jamur
Sumber :
VIVAlife - Apa menu sarapan Anda pagi ini? Jika menginginkan tubuh tetap langsing, masukkan telur pada menu sarapan. Demikian temuan terbaru para ahli dari University of Missouri.
Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Mereka mengatakan bahwa sarapan kaya protein seperti telur dan daging tanpa lemak, secara signifikan meningkatkan kontrol nafsu makan. Dan tentu saja mengurangi keinginan ngemil.
Vespa World Days 2024 Pecahkan Rekor di Pontedera

Hal ini dibenarkan oleh Heather Leidy, asisten profesor di Department of Nutrition and Exercise Physiology seperti dilansir Daily Mail. Ia menyebut sarapan sebagai kunci penting untuk memecahkan masalah kelebihan berat badan.
Kemnaker Mendukung Penataan NLE dengan Diimbangi Peningkatan Pelindungan Kerja TKBM di Pelabuhan

Leidy adalah orang pertama yang melakukan penelitian mengenai dampak sarapan pada nafsu makan. Dalam studinya, Leidy dibantu oleh 20 responden remaja wanita yang mengalami obesitas. Ia lalu mempelajari pola makan mereka: tidak pernah sarapan, sarapan tinggi protein yang terdiri atas telur dan daging tanpa lemak, serta sarapan sereal.
 
Menurut catatan yang dihasilkan, mereka yang mengonsumsi sarapan tinggi protein lebih merasa kenyang. Hal ini juga diikuti turunnya keinginan ngemil pada malam hari. Sarapan tinggi protein juga dikatakan mampu mengurangi asupan energi berlebih, seperti karbohidrat pada sarapan nasi, roti, atau sereal. 

"Sarapan kaya protein mampu mengontrol nafsu makan berikutnya, sedangkan mereka yang tidak sarapan atau sarapan normal, lebih mungkin mengonsumsi makanan tinggi lemak dan makanan manis sepanjang hari," kata  Leidy.

Namun, bagi mereka yang tidak terbiasa dengan sarapan, perlu waktu adaptasi sekitar tiga hari agar tubuh dapat menerima sarapan dengan baik. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya