Demam Tak Melulu Diatasi dengan Antibiotik

Ilustrasi anak demam
Sumber :
  • istock

VIVAlife - Ketika tubuh mengalami gangguan kesehatan atau sakit, demam jadi salah satu gejala tubuh terserang kuman. Namun patut diketahui, demam tak melulu disebabkan bakteri, melainkan bisa karena virus. Cara mengatasinya pun tak harus dengan antibiotik.

"Demam karena virus pada dasarnya dapat pulih dengan sendirinya, tak perlu menggunakan sembarang antibiotik. Cukup dengan pemberian suplemen dan minum air putih," kata Guru Besar Ilmu Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof. dr., Amin Soebandrio. Ph.D, Sp.MK., saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta.

Biasanya demam karena virus terjadi selama dua hari, karena daya tahan tubuh lemah. Namun jika lebih dari dua hari demam tak kunjung turun maka perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Ini karena cukup banyak kasus resistensi antibiotik yang disebabkan mengonsumsi obat antibiotik tanpa diketahui jenis kuman atau bakterinya.

"Tidak semua demam terjadi karena infeksi. Oleh karena itu, hendaknya orangtua atau pasien jangan jadi dokter sendiri," ujar Amin.

Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Selain mengonsumi suplemen, demam juga bisa diatasi dengan menyantap makanan yang mengandung banyak air. "Misalnya bubur atau buah dengan kandungan air tinggi, seperti semangka," kata Spesialis Ahli Gizi, Dr.dr. Saptawati Bardosono MSc saat dihubungi VIVAlife, Senin, 1 April 2013. (eh)

Penyelundupan Pil Koplo di Lapas Yogyakarta (dok istimewa)

Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

Petugas Lapas Kelas IIA Yogyakarta menggagalkan dua kali penyelundupan pil koplo dari pengunjung kepada warga binaan, salah satunya bermodus menyembunyikan pil di betis.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024