25 Negara Kaya Potensi Wisata, Tapi Minim Turis (I)

Tonga
Sumber :
  • geographika.com

VIVAlife -  Perancis adalah negara yang memiliki angka turis asing terbesar di dunia yaitu 79,5 juta per tahun. Diikuti Amerika dan China dengan angka turis sebesar 62,3 juta dan 57,6 juta menurut sebuah organisasi pariwisata dunia, UNWTO tahun 2011 lalu.

Daftar 14 Amicus Curiae yang Didalami Hakim MK, Termasuk Punya Megawati

Ketiga negara tersebut memang tidak diragukan lagi kepopulerannya di kalangan turis dan para backpacker di seluruh dunia. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya negara mana yang memiliki angka turis asing terkecil di dunia? Negara dengan angka turis terkecil di dunia hanya dikunjung 200 turis asing pada tahun 2011.

Berikut ini adalah 25 negara dengan angka turis asing terkecil di dunia menurut sebuah blog pribadi seorang traveller bernama Gunnar Garfors yang telah pergi ke 190 negara. Daftar yang ia buat ini diakuinya tidak akurat seratus persen karena statistik yang didapatkan berbasis dari artikel-artikel serta data dari UNWTO yang mengumpulkan angka-angka tersebut dari data mengenai kedatangan turis melalui udara, kapal dan informasi hotel-hotel setempat, serta sumber lainnya.

25. Dominika: 73.000 turis (2011)

Pulau kecil ini tidak memiliki banyak fasilitas turis dan bandara komersialnya tidak mampu menampung pesawat-pesawat besar. Turis yang hendak mengunjungi negara ini hanya dapat menggunakan pesawat kecil. Walaupun begitu, Dominika memiliki hutan yang indah dan dipenuhi berbagai jenis burung dan binatang-binatang lainnya.

24. Chad: 71.000 turis (2010)

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

Rendahnya angka turis asing yang mengunjungi negara ini dikarenakan adanya ketidakseimbangan politik dan kondisi yang terpencil serta keadaan alam yang gersang. Banyaknya pemberontakan juga membuat negara ini dianggap kurang aman bagi turis. Padahal Chad memiliki tebing-tebing batu yang menakjubkan dan sangat ideal bagi Anda yang gemar panjat tebing.

23. Republik Afrika Tengah atau Central African Republic: 54.000 turis (2010)

Ketidakpopulerannya di kalangan turis membuat angka pariwisata negara ini terbilang lemah. Salah satu negara termiskin di Afrika ini padahal memiliki sungai-sungai indah yang dapat disambangi dengan menggunakan perahu. Kuliner Perancis adalah jenis kuliner yang umum ditemukan di negara ini.

22. Liechtenstein: 53.000 turis (2011)

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Tidak adanya bandar udara di negara terpencil yang bertetangga dengan Swiss dan Austria ini membuat rendahnya angka turis asing yang berkunjung ke sana. Untuk mencapai Liechtenstein, Anda diharuskan naik helikopter dengan biaya sewa yang sangat tinggi.

Hal tersebut sangat disayangkan karena negara ini memiliki pegunungan yang ideal bagi penggemar ski dan hiking. Tak hanya itu, kastil kuno seperti Balzers Castle juga patut dikunjungi karena arsitekturnya yang terbuat dari tumpukan bebatuan.

21. Djibouti: 53.000 turis (2008)

Kondisinya yang kering, gersang dan kotor membuat negara yang satu ini minim turis. Negara yang mayoritas alamnya adalah gurun pasir ini dipenuhi sampah di setiap sudut-sudutnya. Walaupun begitu, turis dapat melakukan scuba diving di sini. Setiap akhir pekan, tempat-tempat hiburan malam di Djibouti ramai layaknya kota besar. Di negara ini juga terdapat titik terendah benua Afrika, yakni di Danau Assal yang kedalamannya 157 meter di bawah permukaan laut.

20. Sierra Leone: 52.000 turis (2011)

Minimnya informasi mengenai negara yang satu ini adalah salah satu faktor utama rendahnya angka turis yang berkunjung ke sana. Faktor lainnya yakni akses dari dan ke bandar udara yang cukup sulit karena mengharuskan Anda selama 30 hingga 60 menit menggunakan perahu. Anda juga harus menyewa mobil dan berkendara sepanjang 12 kilometer atau menyewa helikopter yang tak tentu jam operasionalnya. Padahal Sierra Leone memiliki beberapa pantai terindah di Afrika.

19. Tonga 45.000 turis (2011)

Negara ini berlokasi di tengah Samudera Pasifik. Pulau utamanya dikelilingi oleh batu-batu karang yang kokoh berdiri tegak. Sebelumnya hampir tidak ada maskapai penerbangan asing yang beroperasi di Tonga. Namun, saat ini mulai banyak maskapai penerbangan asing seperti Air New Zealand, Virgin Australia dan Air Pacific yang beroperasi di sana sehingga akses dari dan ke Tonga menjadi lebih mudah. Atraksi utama yang patut dicoba di Tonga yakni diving dan snorkeling.

18. Timor Timur: 40.000 turis (2010)

Banyaknya orang yang masih merasa tidak aman untuk berkunjung ke negara ini membuatnya minim turis asing. Padahal di sana terdapat cukup banyak objek wisata yang patut dikunjung, seperti bangunan tua Portugis serta desa-desa tempat tinggal suku adat.

Selain itu, kondisi alam dan pemandangannya juga sangat fantastik dan ideal bagi penggemar hiking dan treking. Scuba diving di perairannya juga patut dicoba karena memiliki pemandangan alam bawah laut yang menakjubkan.

17. Bhutan: 37.000 turis (2011)

Proses mengurus visa dan izin berkunjung ke negara ini cukup panjang dan sulit sehingga tidak banyak turis yang memilih berwisata ke sini. Anda juga diharuskan untuk memiliki pemandu wisata sendiri selama berkunjung ke Bhutan. Objek wisata yang menarik untuk dikunjungi antara lain pegunungan, pura, serta bangunan kerajaan kuno yang terletak di atas gunung.

16. Korea Utara : 35.000 turis (2011)

Propaganda anti Amerika yang tersebar di seluruh Korea Utara membuatnya sering disegani para turis asing. Walaupun begitu, menurut mereka yang pernah ke sana, kunjungan ke negara ini dapat membuat Anda kembali berpikir mengenai definisi sebuah negara. Negara ini juga tetap patut dikunjungi karena merupakan salah satu negara yang aman bagi turis karena begitu minimnya tindak kejahatan.

15. Libya: 34.000 touris (2008)

Kondisi Libya saat ini tidak banyak menarik para turis untuk berwisata kesana walaupun masih ada para penggemar pasir yang berkunjung ke Libya. Selain itu, Libya juga negara yang memiliki kopi khas yang sangat lezat ditambah dengan masyarakatnya yang begitu ramah terhadap turis asing.

Oleh karena itu jangan bingung jika Anda diajak bersantap di rumah penduduk ketika berkunjung ke sana. Objek wisata seperti reruntuhan Leptis Magna, sebuah kota kuno tempat Kekaisaran Romawi yang berjarak 130 kilometer dari Tripoli juga patut untuk dikunjungi.

14. Guinea-Bissau: 30.000 turis (2011)

Negara yang satu ini memiliki infrastruktur yang buruk serta sulit untuk diakses. Walaupun begitu, kepulauan Bijagos di luar Bissau patut disambangi karena menyajikan pemandangan alam yang indah dan rumah bagi banyak spesies kuda nil. Namun, kepulauan Bijagos jauh dari kehidupan modern. Bahkan, listrik pun tidak tersedia di sana.

13. Mauritania: 29.000 turis (2008)

Negara ini hanya dipenuhi oleh pasir dan para pengembara. Tidak terdapat pemandangan atau objek wisata yang terkenal di Mauritania. Walaupun begitu, bangkai kapal-kapal karam di pantai sebelah utara patut Anda kunjungi untuk mendapatkan gambar-gambar yang menakjubkan.

Bersambung...

----------------

Kunjungi gonla.com untuk mencari penginapan dan penermangan murah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya