25 Negara Kaya Potensi Wisata, Tapi Minim Turis (II)

Sao Tome and Principe
Sumber :
  • saotome.org

VIVAlife - Perancis adalah negara yang memiliki angka turis asing terbesar di dunia yaitu 79,5 juta per tahun. Diikuti Amerika dan China dengan angka turis sebesar 62,3 juta dan 57,6 juta menurut sebuah organisasi pariwisata dunia, UNWTO tahun 2011 lalu.

Ketiga negara tersebut memang tidak diragukan lagi kepopulerannya di kalangan turis dan para backpacker di seluruh dunia. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya negara mana yang memiliki angka turis asing terkecil di dunia? Negara dengan angka turis terkecil di dunia hanya dikunjung 200 turis asing pada tahun 2011.

Berikut ini adalah 25 negara dengan angka turis asing terkecil di dunia menurut sebuah blog pribadi seorang traveller bernama Gunnar Garfors yang telah pergi ke 190 negara. Daftar yang ia buat ini diakuinya tidak akurat seratus persen karena statistik yang didapatkan berbasis dari artikel-artikel serta data dari UNWTO yang mengumpulkan angka-angka tersebut dari data mengenai kedatangan turis melalui udara, kapal dan informasi hotel-hotel setempat, serta sumber lainnya.

12. Federated States of Micronesia: 26.000 turis (2008)

Babak Baru Kasus Hoax Rekaman Forkopimda, Palti Hutabarat Diserahkan ke Kejaksaan

Negara ini terbilang cukup terpencil, miskin dan tidak dikenal dengan baik oleh masyarakat luas. United adalah satu-satunya maskapai penerbangan yang dapat membawa Anda ke sana. Namun, jika Anda penggemar wreck diving atau menyelam di lokasi kapal karam, negara ini patut dikunjungi karena perairannya yang dipenuhi bangkai kapal perang zaman Perang Dunia ke-2.

11. Kepulauan Solomon: 23.000 turis (2010)

Akses dari dan ke pulau-pulau di negara yang terletak di Samudera Pasifik ini sangat sulit dan membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Minimnya turis yang berkunjung ke sana juga dikarenakan negara ini kurang populer dibandingkan negara-negara tetangganya yang memiliki kondisi alam yang kurang lebih sama. Turis-turis yang berkunjung ke Kepulauan Solomon biasanya melakukan kegiatan seperti scuba diving, berlayar dan memancing.

10. Afghanistan: 17.500 turis (2012)

Berita Man Utd: Erik ten Hag Akui Situasi Bermasalah hingga Kekhawatiran Wright Soal Kobbie Mainoo

Perang yang tak berkesudahan tentu saja menjadi faktor utama minimnya turis yang berkunjung ke negara ini. Padahal Afghanistan memiliki pegunungan yang menjulang tinggi dan pemandangan alam yang begitu indah.

9. Comoros: 15.000 turis (2010)

Banyak buku-buku panduan wisata yang mengatakan negara ini terinfeksi penyakit malaria yang disebabkan nyamuk. Selain itu, maskapai penerbangan yang beroperasi di sana juga terbilang sangat sedikit.

Anindya Bakrie Praises PP PBSI for Indonesian Success in All England

Walaupun begitu, negara ini terkenal dengan masyarakat yang ramah, pasar-pasar tradisionalnya, garis pantai yang indah, serta hidangan makanan laut segar yang begitu lezat. Di Comoros, Anda tidak akan menemukan transportasi publik. Anda dapat memberhentikan mobil pribadi atau minibus untuk berkendara.

8. Sao Tome and Principe: 8.000 turis (2010)

Minimnya akses adalah faktor utama penyebab angka turis asing di negara ini rendah. Selain itu, Sao Tome and Principe juga kurang banyak dikenal oleh orang-orang di seluruh dunia. Padahal di sana terdapat banyak pantai serta pegunungan menakjubkan.

7. Turkmenistan: 7.000 turis (2007)

Objek wisata yang patut dikunjungi yakni "The Door to Hell" yang merupakan kawah di Darvaza yang terletak tepat di tengah gurun Karakum. Untuk mencapai kawah tersebut, Anda diharuskan berkendara selama tiga hingga empat jam.

6. Equatorial Guinea: 6.000 turis (2012)

Kecuali turis Amerika, Anda diharuskan memiliki visa untuk berkunjung ke negara yang merupakan satu-satunya negara berbahasa Spanyol di Afrika. Sedangkan untuk mendapatkan visa, Anda wajib mengikuti proses birokrasi yang panjang dan sulit. Hal tersebut merupakan faktor utama minimnya turis asing yang berkunjung ke negara ini.

5. Kepulauan Marshall: 5.000 turis (2011)

Sebuah maskapai penerbangan telah memonopoli penerbangan ke dan dari kepulauan ini sehingga Anda diharuskan membayar harga yang sangat tinggi untuk membeli tiket pesawat ke sana. Namun, harga tersebut cukup layak karena pemandangan pantai dan bawah lautnya yang luar biasa.

4. Kiribati: 4.700 turis (2011)

Kebanyakan orang belum pernah mendengar mengenai Kiribati. Wajar saja, akses dari dan ke pulau ini juga sangat minim. Padahal negara ini memiliki pantai yang mempesona dan banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan disana seperti snorkeling, diving, memancing dan olahraga air.

3. Tuvalu: 1.200 turis (2011)

Sama seperti Kiribati, Tuvalu sangat minim rute pesawat yang dapat diakses para turis. Untuk berkunjung ke Tuvalu atau Kiribati, Anda diharuskan menaiki perahu layar sendiri atau Anda harus terbang via Fiji. Hanya Air Pacific yang beroperasi ke Tuvalu.

Jika tinggi air laut bertambah, Tuvalu adalah negara pertama di dunia yang akan menghilang. Pemerintah setempat saat ini masih mencari tanah untuk dibeli agar dapat memindahkan penduduknya. Kondisi alam negara ini sangat tipikal negara yang berada di Samudera Pasifik, yakni memiliki panta-pantai indah yang dihiasi dengan deretan pohon palem.

2. Somalia: 500 turis (2012)

Perang, pemerintahan yang lemah selama beberapa tahun membuat reputasi Somalia di mata turis asing kian menurun. Walaupun begitu, pemerintah Somalia saat ini mulai berfungsi kembali dan negara ini sedikit demi sedikit memperbaiki kondisi sehingga relatif aman dikunjungi.

1. Nauru: 200 turis (2011)

Nauru merupakan negara yang terdiri dari sebuah pulau mungil di Samudera Pasifik. Negara republik terkecil ini hanya memiliki wilayah seluas 21 kilometer persegi dan tidak memiliki ibukota. Anda juga diharuskan memiliki visa untuk mengunjungi Nauru yang sayangnya juga minim akses transportasi dari dan ke dalam Nauru.

Kondisi alam negara ini tipikal pulau-pulau Samudera Pasifik lainnya dengan batu karang yang besar dan pantai yang eksotis juga alam bawah laut yang indah. Penduduk negara ini hanya sebesar 10.000 orang dengan angka pengangguran yang sangat tinggi.

Baca juga:

*

Kunjungi gonla.com untuk mencari penginapan dan penerbangan murah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya