Waspadai Empat Asupan Sumber Kolesterol Jahat

Paha ayam
Sumber :

VIVAlife - Selama ini Anda mungkin menganggap kolesterol merupakan musuh utama. Tapi, kolesterol ini sebenarnya memiliki peranan penting bagi bekerjanya sistem organ tubuh.

Kolesterol merupakan lemak yang berada dalam darah dan diperlukan untuk produksi hormon serta fungsi membran. Ketika dalam darah level kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) dalam keadaan stabil, fungsi organ dan hormon pun akan berjalan dengan baik. Tapi ketika kadar kolesterol
jahat atau low density lipoprotein (LDL) levelnya sangat tinggi maka bisa meningkatkan risiko stroke dan masalah jantung.

Pemicu kadar LDL tinggi adalah konsumsi asupan tertentu yang mengandung kolesterol tinggi. Untuk itu ketahui apa saja asupan yang sebaiknya dihindari atau dikurangi demi menjaga level LDL tetap stabil dan tak meningkat.

1. Mentega
Banyak makanan yang lebih nikmat saat diolah dengan mentega. Tapi hati-hati dalam menggunakannya, seperti dilansir dari Healthaliciousness.com, tiap 100 gram mentega mengandung 215mg kolesterol.

Pecahkan Rekor Tertinggi, Harga Emas Hari Ini Tembus Rp 1.249.000 Per Gram

Sementara, satu sendok teh mentega mengandung 30 gram kolesterol. Perhatikan juga cara mengolah masakan, sebaiknya gunakan minyak zaitun untuk menumis dan kurangi penggunaan mentega atau minyak goreng.

2. Udang

Sajian laut satu ini memang kaya akan gizi, tapi waspada kandungan kolesterolnya. Sebanyak 100 udang mengandung 195 miligram kolesterol atau sudah memenuhi 65 persen kebutuhan harian. Satu udang rata-rata mengandung 11 mg kolesterol dan memenuhi 4 persen kebutuhan harian.

3. Paha ayam

Meskipun ayam jadi pilihan sajian yang rendah lemak, tapi cara memasaknya juga harus diperhatikan. Ayam yang digoreng dengan deep fried, kadar kolesterolnya jadi sangat tinggi dibandingkan dengan yang dikukus, terutama di bagian kulit.

Karena paha ayam dikelilingi kulit, kadar lemak dan kolesterolnya sangat tinggi. Bahkan lebih tinggi dibandingkan es krim atau burger. Pilihan terbaik adalah mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit.

4. Makanan siap saji

Pada makanan siap saji seperti biskuit, keripik, kue dan olahan renyah lainnya, dibutuhkan dalam proses pembuatannya. Lemak tersebut merupakan minyak sayur yang telah melalui proses hidrogenisasi dan mengandung kolesterol tinggi. (eh)

Ten Hag Bawa 3 Pemain Man Utd U-18 ke Tim Senior
Ilustrasi: Polisi di lokasi kecelakaan.

Sopir Sedan di Tangsel Jadi Tersangka Usai Tabrak Pemotor dan PKL

Dalam peristiwa kecelakaan pengemudi mobil sedan yang menabrak pemotor dan PKL terdapat satu orang meninggal dunia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024