FOTO: Nyamannya Naik Transportasi Air di Kota Sydney

Kapal feri melintas gedung Sydney Opera House
Sumber :
  • VIVAnews / Renne Kawilarang

VIVAlife - Bila ingin membangun jasa transportasi air yang baik, Jakarta tampaknya harus belajar dari Sydney. Kota terbesar di Australia itu telah menerapkan sistem layanan transportasi air yang baik, aman, dan nyaman.

Selain layanan bus, kereta, dan monorel, di Sydney juga terdapat kapal-kapal feri yang dapat diandalkan para warganya. Bahkan kapal-kapal feri belakangan turut menjadi moda transportasi favorit bagi para turis saat mengunjungi beberapa tempat wisata khas kota itu, seperti Opera House, Harbor Bridge, Manly,  National Maritime Museum, dan lain-lain.   

Sebagian besar kapal-kapal penumpang itu dikelola oleh Sydney Ferries, yang merupakan perusahaan milik pemerintah negara bagian New South Wales. Berdiri sejak 1875, Sydney Ferries kini membawa lebih dari 14 juta penumpang setiap tahun ke beberapa tujuan di sekitar Sydney Harbour dan Sungai Parramatta.

Kapal-kapal yang dikelola Sydney Ferries itu bertingkat dua dengan ruang penumpang yang luas. Selama perjalanan, penumpang bisa menjelajah Internet dan mengunjungi laman-laman media sosial dengan memanfaatkan sambungan wi-fi gratis, walau hanya sampai 30 menit dengan volume data yang terbatas.

Harga tiket feri di Sydney terbagi dua katagori, tergantung pada jarak. Untuk sekali jalan bagi penumpang dewasa, bila berjarak di bawah 9 km dari pelabuhan keberangkatan ke pelabuhan tujuan, harganya AU$5,80, dan AU$11,60 untuk pulang pergi.

Namun untuk yang berjarak lebih dari 9 km, harganya lebih mahal, yaitu AU$7,20 untuk sekali jalan dan AU$14,40 untuk pulang pergi. (eh)

Para penumpang kapal feri menikmati pemandangan Kota Sydney

Para penumpang kapal feri terpesona dengan obyek wisata di Kota Sydney

Polri Bongkar Kasus TPPO Modus Kirim Mahasiswa Magang ke Jerman, 5 Orang Jadi Tersangka

Transportasi air di Kota Sydney Australia

Transportasi air di Kota Sydney

Lawan El Salvador dan Kosta Rika, Timnas Argentina Tanpa Lionel Messi

Kapal-kapal kecil di Sungai Parramatta Kota Sydney Australia

Kapal-kapal kecil di Sungai Parramatta, Sydney

Konten Bunda Corla dan Nikita Mirzani Jadi Kajian Dosen Universitas Mercu Buana

Pemandangan gedung Sydney Opera House dari kapal feri

Pemandangan Sydney Opera House dari kapal feriPenumpang kapal feri di Sydney AustraliaPara penumpang kapal feri di Sydney

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman

Atasi El Nino, Menteri Pertanian: Pemerintah Siapkan Pompanisasi dengan Biaya Rp5,8 Triliun

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan pemerintah menyiapkan pompanisasi untuk mengatasi dampak El Nino. Menurut dia, langkah ini sudah disepakati saat rapat terbat

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024