Kontrol Kolesterol dengan Satu Alpukat Sehari

Alpukat
Sumber :
  • helpmystyle.ie
VIVAlife
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
- Selama ini kolesterol tinggi lebih banyak diderita usia di atas 40 tahun. Namun seiring perubahan gaya hidup dan pola makan, kolesterol tinggi mulai mengincar remaja dan usia 20-an.

Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein

Hal ini disebabkan karena kegemaran mereka dalam mengonsumi makanan rendah serat, namun lemak tinggi. Selain pola makan yang buruk, kolesterol tinggi juga bisa disebabkan faktor keturunan.
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun


Bagi mereka yang terserang kolesterol tinggi, diet menjadi salah satu solusi menurunkan lipoprotein densitas rendah (Low-Density Lipoprotein/LDL) atau biasa disebut dengan 'kolesterol jahat'. Salah satu asupan yang kerap dimasukkan ke dalam diet adalah buah alpukat.  Ini karena alpukat mengandung lipoprotein densitas tinggi (High-Density Lipoproteins/HDL) atau 'kolesterol baik'.


"Namun sebaiknya alpukat dikonsumsi tanpa menggunakan bahan tambahan, seperti gula atau susu. Jika mengonsumsinya dengan bahan tambahan dapat memicu naiknya kadar gula," kata ahli gizi dari bagian Gizi Klinik RSCM, Dr. Diana Suganda saat dihubungi
VIVAlife
, Rabu, 3 April 2013.


Diana menambahkan, penderita kolesterol yang ingin menjaga atau mengontrol kolesterol dalam tubuhnya, cukup mengonsumsi alpukat satu kali sehari. Dengan mengonsumsi alpukat tanpa bahan tambahan, penderita kolesterol juga dapat mengatur trigliserida yang dapat mencegah diabetes.


Selain alpukat, serat seperti gandum dan beras merah dapat jadi asupan baik untuk menjaga kolesterol. Fungsi serat ini tak lain untuk mengikat serta membuang lemak jenuh dalam tubuh. Disamping itu, sayuran hijau seperti bayam juga ambil peranan dalam mengontrol kolesterol.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya