Daftar Makanan Penting Pencegah Kolesterol

Teh Hijau
Sumber :
  • http://concept191.blogspot.com
VIVAlife - Kolesterol menjadi topik kesehatan yang selalu menarik. Beberapa dari kita mungkin masih mengabaikannya. Menganggap penyakit ini hanya milik orang bertubuh gemuk. Padahal mereka yang bertubuh langsing pun tak juga luput dari ancaman kolesterol.
Penemuan Kerangka Manusia Pakai Sarung dan Peci Bikin Geger Pendaki Gunung Slamet

Sebelum kolesterol benar-benar hinggap di tubuh, tidak ada salahnya Anda mulai memilah makanan sehat sebagai konsumsi sehari-hari. Berikut empat makanan super pencegah dan penurun kolesterol.
Wanita Open BO di Dermaga Pulau Pari Dilaporkan Hilang Sebelum Ditemukan Tewas

1. Ikan
Petugas Damkar Sebut Korban Tewas Terpanggang Akibat Kebakaran Toko Frame Mampang
 
Konsumsi ikan setiap hari berdampak baik pada jantung, sendi dan daya ingat. Para ahli mengatakan kandungan Omega 4 pada ikan bekerja ampuh untuk itu. Selain mencegah berbagai macam penyakit, ikan juga menurunkan tingkat depresi. Dikutip Times of India, makarel, salmon, dan sarden adalah jenis ikan terbaik untuk tubuh.

Jika Anda seorang vegetarian, memasukkan telur, biji rami, dan kenari yang kaya akan Omega 3 dalam menu harian. Makanan super ini tinggi akan lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kolesterol.
 
2. Kedelai
 
Sebuah studi menunjukkan bahwa memasukkan kedelai dalam menu diet harian, juga membantu menurunkan kolesterol. Anda dapat memilih kedelai utuh atau olahan seperti tempe, tahu, tofu, susu, atau yang lainnya. 
 
3. Teh hijau 
 
Kekuatan antioksidan pada teh hijau ataupun teh hitam terbukti mampu mencegah berbagai penyakit. Termasuk menurunkan kolesterol. Penelitian di Jepang baru-baru ini menemukan bahwa pria yang meminum teh hijau secara teratur memiliki kolesterol yang lebih rendah daripada mereka yang tidak mengkonsumsinya sama sekali.
 
4. Dark cokelat
 
Dark cokelat dengan kandungan kakao tinggi diatas 60 persen juga ampuh menurunkan kolesterol. Semakin tinggi kadar kakao, semakin efektif kerjanya. Untuk lebih mudah mengidentifikasi kemurnian cokelat, Anda dapat melihat dari warnanya. Semakin gelapcokelat artinya kandungan lemak dan gulanya semakin rendah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya