5 Cara Mengontrol Tekanan Darah

Pemeriksaan tekanan darah
Sumber :
  • istockphoto.com
VIVAlife -
KPU Jamin Netralitas Pemilu, Sudah Diawasi Presiden dan DPR
Tekanan darah tinggi, juga dikenal dengan hipertensi jadi momok bagi banyak orang. Hal ini tak lepas dari efeknya yaitu stroke dan masalah kardiovaskular yang bisa berujung kematian.

Kubu Prabowo-Gibran Sebut Pemilu Ulang Tak Ada di UU

Untuk mengetahui tekanan darah secara detail, Anda harus melakukan pemeriksaan. Dan jika hasilnya cukup tinggi, maka kontrol pun harus dilakukan untuk menjaganya dalam batas normal.
Pemuda Kena Tipu hingga Puluhan Juta saat Hendak Beli Mobil untuk Ayahnya


Selain meminum obat pengontrol tekanan darah, sebaiknya perbaiki gaya hidup. Mulailah mengatur pola makan dan perbanyak berolahraga dan lakukan enam langkah berikut demi kehidupan yang lebih berkualitas.


1. Cek tensi darah secara teratur

Hal ini penting untuk mengetahui secara detail dan berkala kondisi tekanan darah Anda. Termasuk mencegah terjadinya stroke atau dampak buruk lainnya. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter, terutama bila level tekanan darah tak kunjung normal.


2. Berhenti merokok

Anda pasti sudah tahu kalau merokok secara signifikan menurunkan kualitas kesehatan. Jika Anda merokok setiap hari, maka nikotinlah yang akan membuat tekanan darah semakin meningkat. Maka dari itu dianjurkan untuk berhenti merokok. Dengan berhenti akan membantu menjaga kesehatan paru-paru, jantung dan darah Anda.

 

3. Kurangi makanan mengandung garam

Satu yang terpenting dari pola makan sehat adalah memilih makanan yang rendah garam. Ini adalah kunci untuk menjaga tekanan darah Anda tetap stabil. Sertakan juga makanan yang kaya akan kalium seperti pisang dalam menu harian Anda untuk mengontrol tekanan darah.

 
4. Sertakan sayuran dan kacang-kacangan dalam menu diet

Jadikan sayur dan kacang-kacangan jadi menu wajib setiap hari. Kandungan seratnya sangat baik bagi pencernaan, mengenyangkan dan tak mengandung garam. Sangat baik untuk kesehatan darah dan jantung, termasuk menjaga level kolesterol.


5. Aktivitas fisik

Setiap aktivitas fisik berperan penting dalam mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi. Cara ini, seperti dikutip dari
Bold Sky,
membantu Anda mengurangi risiko penyakit jantung. Jika Anda sulit melakukan latihan berat, mulailah melakukan latihan ringan. Seperti, berjalan santai, lari, bersepeda, dan berenang setiap hari. Lakukan setidaknya 30-45 menit setiap hari.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya