10 Fakta Penting Melancong ke Myanmar

myanmar
Sumber :
  • wikimedia.org
VIVAlife - Bagaimana komunitas punk di Burma atau Myanmar menjaga rambut mohawk tinggi mereka? Mengapa uang tunai di Myanmar harus tetap bersih dan apa yang menimbulkan suara di restoran Yangon saat pasangan sedang berciuman?
Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini

Satu tahun belakangan ini, beberapa orang akan mulai mencari jawaban sendiri atas pertanyaan-pertanyaan tersebut. Mereka yang penasaran melancong ke Myanmar.
Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Sebelum Anda juga mengekor berlibur ke sana, perhatikan terlebih daluhu hal-hal penting ini:
Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery

1. Empat hari perayaan tahun baru

Myanmar membuat keputusan besar di tahun baru Thingyan, yang dikenal dengan "festival melempar air". Tahun baru yang jatuh di bulan April ini dirayakan selama empat hari. Mulai dari 13 April hingga 16 April. Semua pertokoan, bank, restoran, dan kantor institusi yang berada di Yangon dan Mandalay akan ditutup.

Selama tahun baru, warga saling menyemprotkan air satu sama lain. Jadi untuk tetap kering jelas bukan pilihan. Air melambangkan pencucian nasib buruk dan dosa di tahun-tahun sebelumnya. Di hari keempat, ada festival ikan dan burung yang dinilai sebagai tindakan prestasi dan diadakan bagi para bikshu.

Dalam beberapa tahun terakhir, komunitas punk akan menggunakan lem kulit untuk membuat rambut mereka tetap berdiri. Di hari terakhir mereka diharuskan untuk mencukur rambut mereka.

2. Pantai fantastis

Myanmar memiliki garis pantai terbaik di Asia sepanjang 2.000 kilometer. Banyak pantai di sepanjang Teluk Bengal dan Laut Andaman yang belum ditemukan oleh wisatawan. Kawasan ini juga belum tersentuh pembangunan.

Pantai-pantai tersebut biasanya menghadap ke barat, sehingga matahari terbenam terlihat dengan jelas di sana. Yang paling dikenal adalah Pantai Ngapali, dengan penerbangan selama 45 menit dari Yangon, Anda akan menemukan pasir putih sepanjang dua mil dengan pohon-pohon palem yang menghadap ke Laut Andaman. 

3. Koneksi internet lambat

Internet memang sudah ada di Myanmar sejak tahun 2000, namun karena harga yang tinggi dan koneksi yang lambat, maka jarang sekali digunakan. Di Myanmar ponsel jauh lebih populer dibanding internet, meskipun harganya juga tinggi bila dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya. 

4. Uang tunai bersih

Dilansir CNN, Myanmar hanya memiliki sedikit mesin ATM. Para pelancong perlu membawa banyak dolar AS. Semakin tinggi denominasinya, semakin baik nilai tukarnya. Uang Anda harus benar-benar bersih, yang artinya tidak boleh ada lipatan, noda, tanda atau air mata. Uang yang dilipat atau sedikit usang tidak digunakan di Myanmar. Kartu kredit pun juga hanya diterima di hotel berbintang lima dan resto-resto kelas atas, dan memerlukan 2 hingga 3 persen tambahan biaya.

5. Memanggil pelayan dengan suara ciuman

Untuk mendapat perhatian seorang pelayan di restoran, pengunjung harus membuat suara yang ditimbulkan dari ciuman. Jika Anda menyusuri jalan di Chinatown, Anda akan mendengar banyak suara ciuman. Di jalanan sempit ini, banyak masyarakat Myanmar menghabiskan waktu untuk minum bir.

Bersambung...

Dapatkan penawaran spesial liburan untuk harga tiket dan penginapan di gonla.com 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya