Efek Nikmati Musik Baru Sama Seperti Bercinta

mendengarkan musik
Sumber :
VIVAlife -
Bank Mandiri Kembali Raih Peringkat Satu Top Companies 2024 versi LinkedIn
Mendengarkan musik yang bukan musik favorit memberi manfaat bagi otak. Mendengar sebuah musik warna musik baru ternyata meningkatkan produksi kimia otak yang sama seperti saat berhubungan seks.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Dengan menggunakan alat pemindai MRI, peneliti menemukan daerah di pusat otak yang berhubungan dengan seks atau makanan favorit  akan aktif saat mendengar lagu baru untuk pertama kali. Semakin menikmati sebuah musik yang baru didengar, koneksi yang terjadi semakin kuat.
Israel Tembakkan Rudal ke Iran, Harga Emas dan Minyak Mentah Terbang


"Saat mendengar musik yang belum pernah dikenal, aktivitas otak di
nucleus accumbens
akan memprediksi apakah mereka akan suka atau membelinya," kata pemimpin studi, Dr Valorie Salimpoor dari Montreal Neurological Institute.


Dalam studi, peserta mendengar 60 kutipan musik yang belum pernah mereka dengar. Selama mendengar musik, mereka menjalani pemindaian MRI. Mereka juga menilai seberapa besar mereka ingin membeli musik dalam lelang.  Peneliti menemukan alasan mengapa orang ingin mendengar musik yang baru.


"Hal yang membuat musik begitu kuat secara emosional adalah penciptaan harapan. Aktivitas di nucleus accumbens merupakan indikator harapan tercapai dan terlampaui. Studi kami menemukan, semakin banyak aktivitas yang terjadi di otak saat mendengar sebuah musik, semakin bersedia seseorang membelinya," ujarnya seperti dikutip
Daily Mail.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya