Pasien Cangkok Rahim Pertama di Dunia Akhirnya Hamil

Derya Sert
Sumber :
  • Telegraph
VIVAlife
9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!
- Wanita pertama di dunia yang sukses menjalani transplantasi atau cangkok rahim, Derya Sert, dikabarkan tengah hamil. Wanita asal Turki tersebut hamil setelah menerima perawatan pembuahan in vitro (in vitro fertilization/IVF).

KPK: Sahroni Sudah Kembalikan Aliran Dana Rp 40 Juta dari SYL yang Mengalir ke Nasdem

"Pasien dalam keadaan sehat saat ini. Kami akan terus memperbarui perkembangan di masa mendatang," ujar pihak Akdeniz University Hospital, Turki seperti dilansir kantor berita
Nikah Beda Agama, 5 Artis Ini Jalankan Puasa Ramadhan Tanpa Pasangan
Reuters .


Tidak seperti wanita pada umumnya, Derya Sert lahir tanpa rahim. Ia mendapatkan rahim dari donor yang meninggal dunia. Sejak cangkok rahim pada Agustus 2011, wanita berusia 22 tahun ini, mengalami menstruasi normal seperti wanita lainnya.


Selain Sert, tim dokter di Swedia berhasil melakukan transplantasi rahim dari ibu ke anaknya pada September 2012 lalu.  Sara Ottoson yang terlahir tanpa rahim memiliki kesempatan hamil setelah tim dokter dari rumah sakit di Gothenburg, Swedia, berhasil memindahkan rahim sang ibu ke perutnya.


Untuk diketahui satu dari setiap 5.000 wanita di dunia lahir tanpa rahim. Sementara ribuan wanita lainnya harus menjalani pengangkatan rahim karena kanker atau penyakit lain, sehingga mereka tidak dapat hamil.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya