FOTO: Intip Vila Kuno Pendiri Korea Utara di Korsel

Vila Kim Il Sung
Sumber :
  • REUTERS/Lee Jae-Won

VIVAlife - Di tengah ancaman perang terbuka antara Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel), sejumlah turis tampak mengunjungi vila peninggalan pendiri Korut Kim Il-Sung. Uniknya, vila tersebut tidak berlokasi di Korut, melainkan di pantai timur Goseong, Korsel, atau berjarak sekitar 330 kilometer dari timur laut Seoul.

Vila dengan pemandangan laut dan danau tersebut dahulunya berada dalam wilayah kekuasan Korut. Namun, setelah perang Korea berakhir pada 1953, peta perbatasan digambar ulang dan vila akhirnya ditetapkan dalam wilayah Korsel.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Semasa hidup, Kim Il-Sung menghabiskan waktu di vila tersebut antara tahun 1948 dan pecahnya Perang Korea dua tahun kemudian. Kini, vila yang berjarak 11 kilometer dari perbatasan Korsel-Korut itu menarik sejumlah turis.

Para pengunjung bisa melihat beberapa benda bersejarah di dalam vila dan menikmati pemandangan pantai dari balik jendela.

Turis juga bisa melihat foto anak laki-laki Kim Il-Sung, yakni Kim Jong- Il yang diambil pada tahun 1948 lalu. Foto tersebut memperlihatkan Kim Jong-Il saat masih berusia enam tahun tengah duduk di tangga. (umi)

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad
Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024