Kenali Penyebab dan Tanda-tanda Alergi Sinar Matahari

Ilustrasi wanita terpapar sinar matahari
Sumber :
  • istockphoto

VIVAlife - Sinar matahari telah lama diketahui bermanfaat dalam membantu tubuh memproduksi vitamin D. Baru-baru ini, sinar matahari juga diketahui mampu meningkatkan hormon endorfin, yang bisa membuat suasana hati lebih baik. Meski demikian, tak semua orang bisa terpapar sinar matahari. Alih-alih sehat, tubuh mereka justru terkena alergi.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Seperti dilansir laman Femguide, dalam beberapa kasus hanya terjadi ruam kecil berwarna kemerahan atau kulit bersisik saat terkena sinar matahari. Tetapi, ada pula kasus-kasus alergi parah yang sangat ekstrem sehingga tidak memungkinkan bagi pasien berada di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung.

Alergi sinar matahari yang ringan dapat disebabkan oleh faktor genetik. Jika seseorang dalam keluarga alergi terhadap cahaya matahari atau memiliki alergi kronis lainnya, Anda mungkin mewarisi hipersensitivitas ini dalam sistem kekebalan tubuh.

Obat-obat tertentu bahkan justru dapat meningkatkan risiko. Untuk itu, Anda dianjurkan berhati-hati dapat memilih jenis obat-obatan. Paparan bahan kimia ditambah sinar matahari juga dapat menyebabkan iritasi dan membuat alergi bereaksi.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Pemakaian parfum, pembersih wajah, lotion atau produk kecantikan yang mengandung bahan kimia lain, memungkinkan Anda menjadi lebih rentan terhadap paparan cahaya matahari. Kondisi kulit lain seperti eksim atau dermatitis juga dapat membuat Anda lebih rentan terhadap alergi sinar matahari ringan.

Terdapat beberapa obat-obatan dan salep topikal yang dapat digunakan untuk meringankan gejala alergi sinar matahari. Untuk pencegahan sederhana, Anda dapat menggunakan tabir surya saat akan berkegiatan di luar ruangan. Selain itu, kenakan lengan panjang dan celana panjang atau rok panjang sehingga seluruh kulit Anda selalu tertutup. (eh)

Ketua KPU RI Hasyim Asyari di Putusan Sidang Perselisihan Hasil Pilpres 2024

DPR Segera Panggil KPU, Bahas Evaluasi Pemilu hingga Dugaan Asusila Hasyim Asy'ari

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia menyebut DPR bakal segera memanggil KPU bahas dugaan asusila yang menjerat Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024