« Kembali
Studi: Berkebun Ampuh Perangi Obesitas
Bakar 62 kalori per 10 menit.
Wuri Handayani
Senin, 22 April 2013, 09:18 WIB
Berkebun, maksimalkan asupan vitamin D.  
Berkebun, maksimalkan asupan vitamin D.  

VIVAlife - Memiliki taman atau sepetak kebun di rumah? Berkebunlah. Kegiatan ini diklaim sebagai cara diet sehat untuk memerangi obesitas. Berkebun juga disebut memiliki sejumlah manfaat untuk meningkatkan semangat hidup dan kebahagiaan. Demikian menurut hasil studi yang dilakukan peneliti University of Utah.

Mereka melakukan penelitiannya dalam dua kelompok masyarakat. Sama-sama memiliki fasilitas kenyamanan seperti taman. Mereka juga mempunyai kehidupan perekonomian yang sama, yang membedakan adalah kegiatan berkebunnya.

Pada mereka yang sering berkebun, memiliki tubuh lebih sehat dan langsing. Pada pria, kegiatan berkebun akan menghindarkan kelebihan berat badan hingga 62 persen. Sedangkan para wanita 46 persen. Kegiatan ini mampu membakar kalori hingga 63 kalori per 10 menit. 
 
Studi yang dipimpin Professor Cathleen Zick ini mengungkap bahwa memiliki kebun di belakang rumah, selain menambah aktivitas fisik juga menyehatkan tubuh dalam hal konsumsi bahan makan. Ini karena biasanya mereka memetik sayuran atau buah dari kebunnya.

Georgie Willock, dari National Allotment Society juga mengatakan bahwa manfaat kesehatan dari berkebun sama halnya dengan aerobik. Termasuk kegiatan menanam, membawa hasil kebun yang turut melatih fleksibilitas sendi, menghirup udara bersih, dan berpanasan untuk memaksimalkan asupan vitamin D. 

Di lansir Daily Mail, Guy Barter dari Royal Horticultural Society juga mengatakan hal senada: Berkebun menimbulkan roh. Setelah seharian bekerja keras, hanya menggunting tanaman saja sudah memberi kebahagiaan. (eh)

• VIVAlife   |   Share :  
  • audiotherapy
    23/04/2013
       Laporkan
    BANYAK BAKAR KALORI

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com