Jual Risoles, Mahasiswi Bandung Jadi Jutawan Muda

Aghnia Nabila
Sumber :
  • Facebook L'Risoles
VIVAlife
Cup Bra Terlalu Besar Picu Gangguan Kesehatan
- Kesan serius dan ambisius yang kebanyakan dimiliki seorang
enterpreneur
Jurus Turunkan Berat Badan Pakai Protein
sama sekali tak tampak pada dirinya. Sosoknya tak jauh berbeda seperti mahasiswi pada umumnya. Yang berbeda hanyalah garis hidup, yang membawa dirinya menjadi seorang jutawan di usia muda.
Misteri 'Bak Mandi Tuhan' Berusia 7.000 Tahun

Nama Aghnia Nabila mungkin terdengar asing di telinga. Tapi, tidak dengan L'Risoles dagangannya. Meski hanya berjualan risoles, Nabila, sapaan akrabnya, mampu menghasilkan puluhan juta rupiah tiap bulannya.

Ide bisnis


Lahir dari keluarga pengusaha, membuat Nabila memiliki keinginan untuk mencari uang sendiri, tanpa harus menggantungkan orang tua. Sebelum menjual risoles, gadis kelahiran 1991 ini mengaku sempat menjajal bisnis lainnya. Mulai dari dagang pulsa hingga sepatu pernah diicipnya.


Namun, menurut dia, di antara bisnis lainnya, risoles lah yang paling maju. Awalnya, mahasiswi jurusan Hukum Universitas Padjajaran ini juga tak pernah bermimpi untuk berjualan risoles.


"Ini sebenarnya berawal dari bekal yang suka dibawakan mama. Teman-teman sangat suka, dan meminta saya untuk berjualan," ceritanya.


Bak gayung bersambut, tanggapan positif pada "gorengannya" itu pun membuat dirinya mencium peluang bisnis. Meski saat itu masih duduk di bangku SMA, Nabila tetap memberanikan diri untuk meminjam modal pada ayahnya.


Berbekal uang Rp5 juta, Nabila langsung menyewa tempat dan mendesain logo dagangannya. Pada 2009, L'Risoles pun resmi berdiri.


Antara pendidikan dan bisnis


Kesibukannya dalam berbisnis, ternyata tak membuat prestasinya menurun. Hal ini terbukti dengan prestasi di kampusnya. Tahun lalu, ia dinobatkan sebagai mahasiswi berprestasi di kampusnya, dan menduduki peringkat kedua.


Menurut dia, tidak ada metode khusus atas kesuksesan yang diraihnya saat ini. "Fokus, kunci utamanya," jelasnya. Ia tidak mau kalau nasibnya seperti pebisnis pada umumnya, yang meninggalkan pendidikan hanya demi uang.


Tak hanya masalah pendidikan, Nabila juga turun berperan aktif dalam struktur organisasi di kampusnya, yaitu Hipmi (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia) di Unpad.


Jutawan di usia muda


Dalam perkembangan usahanya, bisa dibilang Nabila telah menjadi jutawan di usia muda. Dari untung yang awalnya hanya Rp500 ribu, kini tiap bulannya ia berhasil meraih omzet hingga Rp25-28 juta per bulan. Padahal, dagangannya baru berjalan belum genap empat tahun.


Meski begitu, hingga saat ini, untuk menjajakan dagangan risoles buatannya, Nabila tidak mau muluk-muluk. Ia tetap menggunakan sistem
reseller
, di mana seseorang dapat membeli kapan saja.


"Kalau mereka beli dalam jumlah banyak, tentu harganya lebih murah. Di samping itu, mereka dapat menjualnya kembali tanpa harus menggunakan nama L'Risoles," ujarnya. Saat ini, Nabila telah memiliki 7
reseller
di Bandung.


Selain menghasilkan uang, kesuksesan Nabila ini ternyata juga menghasilkan beragam penghargaan. Hampir semua nominasi wirausaha muda sukses berhasil di raihnya. Baru-baru ini, ia juga mewakili Indonesia dalam konferensi Asia Preneurs di Filipina. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya