Makan Jamur Kurangi Risiko Kanker Payudara

VIVAnews - Sebuah penelitian kesehatan terbaru mengungkapkan bahwa wanita yang banyak mengonsumsi jamur dan teh hijau memiliki risiko kanker payudara lebih rendah.

Studi itu dilakukan terhadap 2.000 wanita di China Selatan. Sebanyak 1.009 di antaranya merupakan penderita kanker payudara

Tingkat penderita kanker payudara di China tergolong rendah dibandingkan dengan kasus di negara berkembang lainnya. Hal itu terjadi karena wanita di China banyak mengonsumsi jamur dan teh hijau dalam pola makannya.

Menurut ketua penelitian, dr. Min Zhang, dari University of Western Australia di Perth, Australia, pola makan wanita China yang masih menjalankan gaya hidup dan bahan tradisional bisa dijadikan indikator rendahnya tingkat penderita kanker payudara di negeri tirai bambu itu.

Dijelaskan Zhang, ekstrak jamur mengandung antitumor dan antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan polifenol dalam teh hijau juga memiliki tingkat antioksidan tinggi untuk mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Dalam penelitian yang dimuat di International Journal of Cancer itu, Zhang meminta para responden memakan jumlah jamur yang berbeda per hari. Mereka yang makan sepuluh gram jamur mentah per hari bisa menurunkan tingkat risiko terkena kanker payudara hingga 66%. Sedangkan yang mengonsumsi empat gram jamur mentah sehari bisa menurunkan risiko hingga 50%.

Bila memakan jamur didukung dengan minum teh hijau setiap hari, hanya memiliki risiko terkena kanker payudara 11-18%.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024