Waspadai, Stres Bisa Akibatkan Tulang Rapuh

Pria Stres
Sumber :
  • http://4.bp.blogspot.com
VIVAlife - Kecemasan, kelelahan, kesepian dan segala bentuk gangguan yang mengarah pada stres ternyata juga berpengaruh pada kesehatan tulang. Ini karena kepadatan mineral dalam tulang ikut menurun. 
Dukung Pemerintahan Prabowo-Gibran, Surya Paloh: Permasalahan Pemilu Sudah Selesai

Hal tersebut diungkap oleh Dr Pradeep Bhonsle Kepala Ortopedi di Rumah Sakit KEM. Ia mengatakan stres perlahan namun pasti menyebabkan osteoporosis.
PLN IP Targetkan Perdagangan Karbon Naik 2 Kali Lipat dari 2,4 Juta Ton CO2 di 2023

"Jaringan tulang terus menerus dibangun ulang dalam tubuh, ini dilakukan oleh dua sel, yaitu osteoblas yang membantu penyetoran jaringan tulang baru dan osteoklas yang memecah jaringan tulang yang sudah tua," ujarrnya.
Gandeng Sejumlah Kampus di Indonesia, Maxnovel Tumbuhkan Minat Baca Melalui Karya Fiksi

Saat stres, kelenjar adrenal akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang akan mengurangi kepadatan tulang dengan menghambat osteoblast dalam membangun tulang. Saat aktifitas osteoblas ini menurun, tubuh akan memecah jaringan tulang lebih banyak daripada yang disimpan. Kepadatan tulang yang rendah akhirnya menyebabkan osteoporosis. 

Dikutip New Age, penelitian lain juga menemukan bahwa penderita depresi juga memiliki kepadatan tulang lebih rendah. Tulang mereka lebih rapuh. Ketika terserang depresi, otak menggunakan sistem saraf untuk meningkatkan sekresi noradrenalin dalam tulang, zat kimia yang menghambat osteoblast.
 
Stres memang tak bisa dihindari. Tapi Anda bisa menjaga tulang dengan memberi asupan vitamin D3 yang cukup. Caranya? Berejemur di sinar matahari pagi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya