Kiat Menghadapi Rekan Kerja yang Iri

Pebisnis Wanita
Sumber :
  • iStockphoto

VIVAlife -  Dalam kehidupan sehari-hari, ada saja orang-orang yang merasa iri atau mungkin membenci prestasi yang Anda miliki. Kritik tajam pun dialamatkan kepada Anda.

Neta Pamer Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan

Kritik atau sindiran ini kerap kali membuat orang jadi tersinggung atau kecewa. Terutama di tempat kerja. Padahal seharusnya kritik bisa diubah menjadi energi positif agar dapat bekerja lebih baik.

Sikap iri di tempat kerja biasanya dilakukan senior kepada karyawan baru yang memiliki prestasi lebih baik dibandingkan karyawan lain yang sudah bekerja lebih lama di tempat tersebut.

Dewas KPK Gelar Sidang Etik Nurul Ghufron 2 Mei terkait Dugaan Penyalahgunaan Wewenang

"Biasanya itu terjadi ketika si anak baru, tiba-tiba menduduki jabatan yang selama ini diinginkan oleh karyawan-karyawan di sana," ujar psikolog Rosdiana Setyaningrum saata ditemui di kawasan Wijaya, Jakarta Selatan.

Orang-orang yang memiliki sikap iri biasanya disebabkan karena tidak percaya diri kepada kemampuan yang mereka miliki. Serta rasa tersaingi sebagai senior. Jika perasaan iri itu muncul, maka biasanya orang tersebut akan melakukan hal-hal yang merugikan.

Media Asing Beri Julukan untuk Timnas Indonesia U-23: Tim Pengacau

"Reward-nya untuk mereka adalah ketika Anda marah," ucapnya.

Rasa marah ketika ada seseorang yang sirik kepada Anda memang merupakan sesuatu yang wajar. Tetapi, daripada Anda harus melampiaskannya kepada mereka, lebih baik jika Anda menganggap hal tersebut merupakan kritikan bagi Anda untuk berbuat yang lebih baik lagi.

Berdamailah dengan hati sehingga Anda dapat berpikir dengan jernih, lebih terbuka, dan mampu bangkit untuk menunjukkan bahwa Anda bisa bekerja lebih baik lagi. Selain itu, hadapi rekan kerja dengan tetap bersikap ramah dan baik.

"Karena pendekatan diri itu cara yang paling baik," katanya.

Tetap percaya diri juga merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi penindasan yang terjadi di tempat kerja. Karena jika Anda tetap merasa percaya diri, maka orang-orang yang mengucilkan Anda akan merasa lelah dengan sendirinya. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya