« Kembali
Menebak Kepribadian Lewat Cara Bersin
"Bersin sama seperti tertawa."
Maya Sofia, Tasya Paramitha
Kamis, 25 April 2013, 16:07 WIB
Cara bersin ternyata mencerminkan kepribadian seseorang. (womansday.com)
Cara bersin ternyata mencerminkan kepribadian seseorang. (womansday.com)

VIVAlife - Menurut studi terbaru di Amerika Serikat, cara bersin ternyata mencerminkan kepribadian seseorang. Seperti dilansir laman Daily Mail, Neurologist Dr. Alan Hirsch mengatakan, suara bersin yang keras dan mengagetkan biasanya datang dari mereka yang berkepribadian santai dan cuek.

"Bersin sama seperti tertawa. Beberapa orang tertawa dengan keras, lainnya tertawa dengan pelan. Dan hanya dengan mendengar suara bersin saya dapat mengetahui kepribadian seseorang," ujar Dr. Hirsch yang juga merupakan psikiater dan pendiri Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago.

Sementara itu, orang yang pemalu biasanya akan berusaha menahan bersin, sehingga suara yang keluar seperti tertahan. Lebih lanjut Dr. Hirsch menjelaskan, bersin lebih kepada hal psikologis yang merepresentasikan kepribadian atau struktur karakter seseorang.

Seperti diketahui, bersin adalah tindakan refleks yang disebabkan oleh iritasi seperti kuman, serbuk sari, serta debu yang menyusup ke lapisan hidung dan otak mengirimkan pesan untuk menyingkirkan mereka. Hal tersebut memicu otot paru-paru mengencang dan membangun tekanan saat bernapas.

"Secara umum, bersin merupakan fenomena paksa, bagian dari mekanisme pertahanan tubuh, dan cara membersihkan bakteri yang akan merugikan," ucap Dr. Gordon Siegel, seorang dokter THT kepada NBC.

Banyak para ahli mengatakan bahwa struktur tulang wajah dan bentuk hidung juga berperan dalam cara bersin setiap orang. Namun, Dr Siegel mengatakan sebaliknya.

"Suara bersin yang Anda dengar tidak dipengaruhi secara signifikan oleh struktur tulang. Kebanyakan orang tidak berpikir mengenai bersin. Hal tersebut terjadi secara alami," ujar Dr. Siegel. (art)

• VIVAlife   |   Share :  
  • audiotherapy
    27/04/2013
       Laporkan
    HACIMMMMM...

Loading..
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id