Uje, Ustad Gaul yang Sempat Cicipi Kehidupan Suram

Ustad Jeffry Uje
Sumber :
  • Beno Junianto
VIVAlife -
4 Alasan Kenapa Vietnam Asyik Banget Buat Solo Traveling
Memiliki nama populer Uje, Jeffry Al-Buchori dikenal sebagai ustad 'gaul'. Gaya dakwahnya yang santai dan dikemas dengan gaya anak muda, ustad berusia 40 tahun itu dicintai banyak kalangan.

Nekat Selundupkan Sabu di Sepatu, Pengunjung Rutan di Tangerang Ditangkap

Lahir 12 April 1973 dari pasangan Ismail Modal dan Tatu Mulyana, Uje memang telah mendapat pendidikan agama yang kuat. Tapi di masa remajanya, Uje dikenal bandel.
Charly Van Houten dan Muhammad Daud Kolaborasi dalam Lagu Tulang Rusuk


Mengeyam pendidikan di sekolah Islam, tidak langsung membentuk Jeffry berperilaku sesuai ajaran di sekolahnya. Uje kala itu sering kabur dari pesantren dan menonton bioskop. Tak tahan dengan perilakunya, Uje sempat dikeluarkan dari pesantren.


Kenakalan Uje semakin menjadi di kala menjadi mahasiswa broadcasting. Dia sering dugem, bergaul dengan pemakai narkoba. Bahkan Uje tidak bisa menyelesaikan kuliahnya karena kenakalannya itu.


Kehidupannya tidak jelas. Sering nongkrong di club. Bahkan Uje pernah menjadi dancer di salah satu club.


Uje akhirnya menikah dengan Pipik Dian Irawati, seorang model gadis sampul pada tahun 1999. Saat itu Uje masih menjadi pemakai narkoba. Uje dikaruniai tiga anak, Adiba Khanza Az-Zahra, Mohammad Abidzar Al-Ghifari, dan Ayla Azuhro.


Gaya hidupnya berubah saat Uje diajak umroh oleh ibu dan kakaknya. Dia menyadari, kehidupan yang dijalaninya selama ini adalah semu. Uje pun tobat.


Sebagai awal pertaubatannya, Uje mendapat amanah dari kakak tertuanya Ust. H. Abdullah Riyad, untuk melanjutkan dakwah kakaknya di Jakarta. Uje berdakwah pertama kali di sebuah masjid di Mangga Dua.


Dari situ Uje mulai berdakwa di berbagai majelis talim, masjid dan musala. Uje makin dikenal saat masyarakat karena sering mengisi dakwah yang disiarkan stasiun televisi. Ustad Uje pun terkenal.


Kini, ustad gaul itu sudah tiada. Dia meninggal dunia karena kecelakaan tunggal di Jalan Gedung Hijau 7 Pondok Indah, Jakarta Selatan malam tadi sekitar pukul 1.00 WIB. Sepeda motor gedenya, Kawasaki B 3590 SGQ, menabrak sebuah pohon palem.


Uje sempat ditangani oleh pihak rumah sakit Pondok Indah. Namun, nyawanya tidak bisa diselamatkan. Pihak keluarga menjemput Uje untuk di bawa pulang sekitar pukul 2.30 WIB.


Jenazah Uje akan dibawa ke rumah duka di Perum Bukit Mas, Jalan Narmada III, Rempoa, Bintaro, Tangerang Selatan. Rencananya jasad Uje akan dimakamkan usai salat Jumat. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya