Waspada, Stres Picu Alergi dan Gangguan Napas

Ilustrasi orang stress
Sumber :
VIVAlife - Jika Anda memiliki alergi, ada baiknya segera memeriksakan diri untuk mengetahui penyebabnya. Umumnya alergi disebabkan oleh makanan dan udara yang tidak dapat diterima tubuh.
Jumat Agung, Presiden Jokowi Ajak Resapi Makna Pengorbanan Yesus Kristus

Namun, bagaimana dengan stres dan kegelisahan? Ya, dua hal tersebut ternyata juga menjadi pemicu alergi. Dilansir Feme Guide, stres dan kegelisahan seringkali melemahkan imun atau kekebalan tubuh.
Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Saat mengalami stres, tubuh akan mengkonsentrasikan aliran darah ke otot kaki. Hingga mengurangi darah yang bekerja pada sistem-sistem utama tubuh termasuk kekebalan tubuh. Hal ini berdampak pada reaksi alergi.
Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Reaksi tubuh terhadap stres juga mempengaruhi pernafasan. Bahkan bagi mereka yang tidak memiliki alergi sekalipun. Respon tubuh terhadap stres yang mengirim darah ke kaki bisa menutup paru-paru. Hal ini dapat membuat alergi lebih buruk. 

Untuk menghindari stres, Anda dapat mengatasinya dengan relaksasi seperti yoga atau meditasi. Yoga mampu meregangkan otot-otot sehingga aliran darah mengalir lebih lancar. (umi)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya