VIDEO: Tantangan Mencicip Nugget Belalang

nugget
Sumber :
VIVAlife - Bagi sebagian orang, belalang merupakan binatang menjijikkan. Namun, di beberapa daerah, belalang justru dijadikan sebagai camilan. Salah satunya di Gunungkidul, Yogyakarta. Masyarakat setempat menyajikannya dengan cara digoreng atau sekadar diberi bumbu bawang putih serta garam.
Pilgub Sumut 2024, Edy Rahmayadi Ambil Formulir Pendaftaran ke PDI Perjuangan

Belalang disebut memiliki protein yang tinggi. Seorang mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian, Jurusan Teknik Pertanian dan Biosistem UGM angkatan 2010, Ridho Andika Putra, saat ditemui VIVAlife, di Yogyakarta, pun mengolah belalang kayu menjadi nugget. 
Lika Liku Kehidupan Soesalit Djojoadhiningrat, Pasca Ibunda RA Kartini Meninggal Dunia

Proses pembuatan nugget belalang dapat dilihat di Belalang dikukus setengah matang dan digiling kasar dengan campuran bawang putih, lada, garam, penyedap rasa, tepung sagu, air, dan telur.
Video Honda HR-V Parkir di Jalan Sempit, Bikin Macet dan Sulit Dilewati

Produk baru nugget belalang ini mendapatkan dana dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2013 sebagai pemenuhan protein bagi masyarakat miskin.

"Peningkatan konsumsi protein perlu digalakkan dan untuk dapat mencukupi asupan protein masyarakat miskin, salah satunya melalui penganekaragaman pangan berprotein tinggi," kata Ridho.

Berani coba? (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya