Tips Sederhana Mencegah Alergi

Alergi
Sumber :
  • allerair.blogspot.com
VIVAlife - Data statistik Inggris menyatakan, satu dari tiga orang berpeluang mengalami alergi. Penyebab alergi beragam, mulai dari riwayat keluarga hingga faktor lingkungan. Namun, dapatkah alergi dicegah?
5 Negara Paling Tidak Ramah Vegetarian di Asia, Ada Korea Selatan dan Jepang

Sudah pasti jawabannya, ya. Studi terbaru menunjukkan, alergi pernapasan yang disebabkan tungau debu, dapat menyebabkan Anda menjadi sulit tidur atau insomnia. Kondisi rumah atau ruangan yang kotor dapat memicu munculnya reaksi alergi.
Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

"Reaksi alergi merupakan respons imunologi tubuh, karena adanya sesuatu yang dianggap asing dan akan menyerang tubuh. Gejala berupa gatai-gatal, sulit bernapas, atau mata berair," jelas pakar tidur, John Bramm, seperti dikutip dalam Female First.
Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Oleh karena itu, untuk menghindari serangan alergi, Anda dapat mencegah dengan mengikuti tips sederhana berikut ini:

Tutup Jendela
Waktu terbaik membuka jendela kamar, mulai pukul 05.00 hingga 10.00 setiap hari. Hal ini dilakukan agar ada perputaran udara di dalam ruangan. Tak hanya itu, pada waktu tersebut, udara juga masih segar. Saat akan tidur, usahakan jendela tertutup di malam hari. Ini untuk mencegah debu masuk ke dalam kamar tidur Anda.

Perhatikan Tempat Tidur
Kalau tempat tidur Anda berusia lebih dari tujuh tahun, mulailah memperhatikan kesegarannya. Ini karena kelembapan alami yang dikeluarkan tubuh dengan mudah diserap oleh tempat tidur Anda. Hal yang sama juga terjadi pada bantal dan guling.

Tempat tidur baiknya diganti per tujuh tahun sekali, bantal dan guling diganti per dua tahun sekali. Ini karena bantal dapat menyimpan banyak debu tungau dan tempat berkembangnya bakteri.

Ganti Seprai
Perlengkapan yang ada di tempat tidur, seprai, baiknya dicuci setiap pekan. Untuk menghindari penumpukan debu, seprai dicuci pada suhu minimum 60 derajat selsius.

Jangan Bawa Hewan di Kamar Tidur
Tanpa disadari, tak sedikit orang alergi pada hewan peliharaannya. Misalnya alergi pada bulu kucing atau bulu anjing --hewan yang jamak dipelihara di dalam rumah. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindarkan hewan kesayangan Anda dari kamar tidur.

Kalau tetap ingin membawa hewan peliharaan ke kamar, sebaiknya Anda harus setiap hari membersihkan kamar dari bulu atau debu yang bertebaran dengan menggunakan vakum cleaner.

Gunakan Semprotan Hidung
Masuknya debu ke dalam ruangan memang tak dapat dihindari secara langsung. Namun, Anda masih dapat mencegahnya, salah satunya dengan menggunakan semprotan hidung, khususnya sebelum beristirahat di malam hari. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya