Bersihkan Upil Bisa Tingkatkan Imunitas?

Teknik pernapasan lubang hidung
Sumber :
  • Oprah.com
VIVAlife -
Sesumbar Israel: 99 Persen Drone dan Rudal Iran Berhasil Dihalau
Banyak yang bilang kalau memberishkan kotoran hidung atau mengupil adalah sebuah kebiasaaan buruk. Tapi ternyata kebiasaan ini memiliki manfaat. Seorang profesor asal Kanada mengungkap kalau mengupil bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Perang Lawan Iran, Militer Israel Ternyata Lebih Lemah dari Indonesia

Adalah Scott Napper, profesor biokimia dari
Arus balik di Padalarang Diprediksi sampai 15 April Kuantitas Lebih Besar dibanding Arus Mudik
University of Saskatchewan, Kanada
yang mencatat hampir semua anak-anak bahkan orang dewasa memiliki dorongan untuk mengorek hidung dengan jari. Bukan hanya untuk membersihkan tapi juga untuk memakannya.


Menurut Napper, lendir dalam hidung berfungsi sebagai perangkap kuman yang akan menuju ke paru-paru. Paparan kuman yang terperangkap di hidung tidak berbahaya. Bahkan kalau dimakan, dapat membantu kekebalan tubuh.


"Lendir dalam hidung kalau dimakan rasanya manis, kemungkinan perilaku ini berfungsi sebagai vaksinasi alami," kata Napper, seperti dikutip dari
CTVnews.


Napper juga mengatakan hipotesisnya cocok dengan teori lain yang meneliti hubungan antara peningkatan kebersihan, peningkatan alergi dan gangguan autoimun. Dikutip dari
Dailymail
, nantinya penelitian akan melibatkan banyak orang yang akan dibagi menjadi dua kelas.


Sebagian, akan diminta memakan lendir yang tersisa dalam hidung. Sebagian lain, tidak akan melakukan hal tersebut. Kemudian mereka akan mengamati, bagaimana sistem kekebalan tubuh merespon kebiasaan baru.


Napper mengatakan idenya ini masih sangat awal. Akan tetapi ia mengakui telah mendapatkan banyak dukungan untuk meneruskan studi ini. Terlepas dari hal tersebut, konsultan imunologi, Dr. Hilary Longhurst mengatakan kalau ada kebiasaan buruk lain yang dapat meningkatkan imun tubuh, yakni menggigit kuku. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya