Rachel Maryam Jadi Tempat Konsultasi Artis-artis Caleg

Rachel Maryam
Sumber :
  • VIVAnews/Riefki Farandika

VIVAlife- Fenomena artis terjun ke dunia politik dan mencalonkan diri menjadi anggota legislatif, makin menjamur menjelang Pemilu 2014. Sebagai sosok selebriti yang lebih dulu berkiprah di politik, tak dipungkiri, Rachel Maryam menjadi salah satu tempat berkonsultasi.

Buntut Polemik Dana Pembangunan Masjid, Perilaku Buruk Masa Lalu Daud Kim Kini Mencuat

Politisi dari Partai Gerindra itu mengaku, beberapa rekan artis yang akan bergabung di partai, banyak yang mendatanginya.

"Ada beberapa teman. Cuma saya merasa, kalau memberikan pengetahuan yang luar biasa belum bisalah," ungkapnya saat ditemui di Gedung Dewan Pers, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa, 30 April 2013.

Meski terhitung sudah empat tahun terjun di dunia politik, Rachel merasa belum pantas disebut senior. Menurutnya, masih lebih banyak orang yang layak dijadikan tempat untuk bertanya dan berkonsultasi.

Ia sendiri melihat makin banyaknya artis yang tertarik menjajal dunia politik, sebagai suatu hal yang wajar. Ia percaya, semua warga negara memiliki hak yang sama untuk mencalonkan diri. "Mau pengusaha, lawyer, dokter, termasuk artis," sebutnya. Selama persyaratan kelengkapan caleg terpenuhi, yakni minimal SMA dan lolos berbagai tes seperti psikologi serta urine, baginya tak masalah.

Asalkan, salah satu sutradara Rectoverso itu melanjutkan, masyarakat telah teredukasi dengan baik untuk menyortirnya. "Kita nggak tahu niat artis-artis ini berangkat ke politik itu apa. Kita nggak bisa judge orang per orang. Apakah benar-benar ingin berjuang, atau sekadar latah," beber Rachel. Menurutnya, merupakan tugas partai untuk menyeleksi artis-artis yang akan masuk ke tempatnya.

Sesudah itu, partai juga bertanggung jawab me-maintenance kadernya dengan memberi pendidikan politik agar tak kaget menghadapi dunia baru itu. "Harus ada pendidikan politik yang diberikan secara kontinyu," sarannya. Rachel sendiri tidak heran jika banyak pula partai politik yang lebih tertarik pada kalangan artis. Pasalnya, mereka sudah memiliki investasi popularitas yang dapat mempermudah kampanye.

"Tapi popularitas dan elektabilitas berbeda ya," imbuh bintang film Arisan! itu.

4 Ban Mobil Toyota Avanza Hilang Dicuri Saat Parkir

Ia lantas menyerahkan pada media untuk mengedukasi masyarakat agar bisa menilai dengan baik. Supaya mereka tak hanya sekadar melihat sosok artisnya saja, tetapi juga visi misinya. "Kalau memang berkualitas silakan, tapi kalau tidak ya jangan," tegasnya mantap. (umi)

Pasukan ISIS di Suriah (Doc: The Cradle)

ISIS Tembaki 20 Pejuang Bersenjata Palestina hingga Tewas di Suriah

Setidaknya 20 pejuang dari Liwa al-Quds, sebuah kelompok bersenjata Palestina yang mendukung tentara Suriah, tewas ketika bus mereka disergap oleh militan tak dikenal.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024