Buah, Beda Warna Beda Khasiat

Cemilan Buah
Sumber :
  • http://diethuteri.com
VIVAlife - Perbedaan warna pada buah ternyata memiliki arti tersendiri. Zat pembentuk warna atau phytochemical menunjukkan nilai manfaat bagaimana buah tersebut mampu mengatasi berbagai macam penyakit.
Kemenkominfo Mengadakan Talkshow Chip In “Waspada Rekam Jejak Digital di Internet”

"Zat warna pada buah dan sayur merupakan bioaktif alami yang mengandung nutrisi. Fungsi untuk menangkal serangan penyakit," kata ahli gizi dr. Samuel Oentoro. Berikut beberapa warna sayur dan buah sesuai manfaat yang diberikan.
PKS Terbuka untuk Bertemu Prabowo tapi Bukan untuk Menyusul PKB

Merah
Kemenkominfo Gelar Talkshow “Rekam Jejak Digital di Ranah Pendidikan”

Warna ini ada pada tomat, semangka, anggur, pepaya, paprika, stroberi, dan jambu biji. Zat pemberi warna kuning tua hingga merah menunjukkan indikasi kandungan lycopene yang mampu menurunkan risiko serangan jantung, dan kanker, seperti kanker prostat.

Hijau

Kandungan lutein zeaxanthin pada sayur berwarna hijau, seperti bayam, kale, brokoli, dan sawi disebut menekan pertumbuhan, bahkan mencegah sel kanker.  

Jingga dan kuning

Beberapa penelitian menyebut bahwa konsumsi buah atau sayur berwarna jingga atau kuning bisa menghambat proses penuaan dan kerusakan sel tubuh. Buah dan sayur ini juga mengandung beta karoten yang meningkatkan fokus mata terkait degeneratif dan memberi kekebalan tubuh. Sumbernya ada pada mangga, kentang, wortel, aprikot, dan pisang. 

Biru dan ungu

Buah dan sayur ini mengandung anthocyanins flavanoids yang bekerja sebagai antikarsinogen untuk meningkatkan kognisi. Anda bisa mendapatkannya pada anggur, bit, dan blueberry. 

Putih

Sayur dan buah berwarna putih mengandung zat warna allicin. Zat ini dipercaya dapat meredakan flu, menekan perkembangan sel kanker, dan menurunkan kolesterol. Jika Anda memiliki masalah tadi, perbanyak konsumsi bawang putih, pir, dan kembang kol. (art)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya