Istri-istri Eyang Subur Tolak Fatwa MUI

Eyang Subur Laporkan Adi Bing Slamet ke Bareskrim Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAlife - Beberapa waktu lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa bahwa Eyang Subur menyimpang dari akidah serta syariat Islam. Salah satu indikasinya, selain menjalankan praktik perdukunan, dia memiliki istri lebih dari empat, yang dia nikahi sekaligus.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Namun, istri-istri Subur kini terang-terangan menolak fatwa itu. Istri kelima Subur dan seterusnya menentang yang meminta agar Subur segera menceraikan mereka. Mereka berkukuh tak ingin diceraikan Subur. Menurut mereka, fatwa MUI bukanlah hukum.

"Kalau hukum sudah memutuskan untuk bercerai, tidak ada warga negara yang bisa melanggarnya. Tapi jika hanya fatwa, itu bisa dipertanyakan," ujar Made Rahman, pengacara istri Subur, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu 1 Mei 2013.

Menurut Made, MUI seharusnya memberikan rasa aman dan tenteram kepada umat, bukan malah menciptakan kemudaratan. Istri-istri Subur berpendapat apa yang dilakukan Subur tidak melanggar akidah. Untuk itu, mereka berniat bertemu dengan Ketua MUI.  

"Kami sudah menyampaikan keberatan atas fatwa tersebut. MUI tidak menjawab. Katanya itu fatwa final," ujar Made.

Karena itu, istri-istri Subur ini berencana menggugat MUI ke Pengadilan Agama. "Paling lambat Senin," Made memastikan. (kd)

WNA perempuan asal Jerman Laura Weyel - foto: Tangkapan Layar Instagram

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Video WNA perempuan asal Jerman viral di medsos bernama Laura Weyel merasa diperlakukan tidak adil oleh hukum Indonesia. Padahal nunggak sewa vila

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024