Menilik Seberapa Hebat Kiwi untuk Kesehatan

Kiwi hijau dan kiwi gold
Sumber :
  • dok. zespri
VIVAlife - Selain makanan pokok penghasil energi, sayuran, dan lauk pauk pengasup protein, tubuh juga membutuhkan buah yang bekerja sebagai antioksidan. Fungsinya: mencegah penyakit degeneratif seperti kencing manis, kanker, dan obesitas. Selain itu juga meningkatkan kesehatan saluran cerna, daya tahan tubuh, dan mencegah kerusakan sel.
Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Menurut ahli gizi klinis Dr Fiastuti Witjaksono, pilihan buah tepat untuk memenuhi kebutuhan antioksidan adalah kiwi. Buah ini memiliki kandungan protein yang berfungsi sebagai zat pembangun pengganti sel-sel rusak. Selain itu juga memperbaiki metabolisme tubuh.
BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya

"Kiwi memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi, vitamin E-nya lima kali lebih besar dibandingkan apel. Kiwi juga kaya akan serat dan mengandung enzim actinidin yang membantu perencanaan protein, sehingga mudah diserap," kata Fiastuti.
Mobil Listrik Vinfast Pakai Sistem Sewa Baterai, Segini Biayanya

Berdasarkan penelitian USDA Nutrient Database, vitamin C pada buah kiwi memang lebih besar dibanding buah jeruk. Per 100 gram jeruk mengandung sekitar 53,2 mg, sedangkan kiwi gold 108,5 mg, dan kiwi hijau 85,1 mg.

Demikian juga dengan kandungan vitamin E. Jeruk hanya memiliki 0,18 mg per 100 gram, sedangkan kiwi hijau 0,86 mg, dan kiwi gold 1, 32 mg.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya